Lihat ke Halaman Asli

Yuwono Dimas Prasmiwardana

Praktisi Kehidupan

Sejarah Singkat dan Strategi Bisnis yang Membesarkan New Balance

Diperbarui: 12 Juli 2021   17:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber: mainmain.id

New Balance adalah brand sepatu besar yang berasal dari Amerika Serikat. Didirikan sejak tahun 1906 oleh William J. Riley di Boston, berarti saat ini New Balance sudah berusia lebih dari 1 abad.

Uniknya, ternyata Riley terinspirasi oleh cakar ayam ketika membuat sepatu ini. Riley kagum akan keseimbangan sempurna yang dimiliki ayam karena meskipun hanya memiliki tiga titik penopang beban tubuhnya, seekor ayam bisa berjalan dan berlari dengan leluasa. 

Baru setelah hampir 50 tahun berkiprah di dunia persepatuan yaitu di tahun 1960-an, New Balance akhirnya membuat inovasi berupa sepatu lari pertama di dunia yang menggunakan desain sol yang empuk bernama Trackster.

sumber: runningxpert.com

Sepatu ini tentu saja sangat memanjakan para pelari di masa itu karena sepatu lari lainnya masih menggunakan sol yang keras. Kualitas produk yang baik, didukung oleh cerdasnya pihak New Balance dalam menangkap kebutuhan pasar serta dikombinasikan dengan pemasaran yang strategik membuat popularitas New Balance kian melambung.

Sempat beberapa kali mengalami pasang surut dan pergantian pucuk pimpinan, New Balance kembali meraih popularitasnya pada tahun 1970-an ketika New Balance merilis seri NB 320 yang merupakan sepatu lari terbaik saat itu.

sumber: gearpatrol.com

Lahirnya sepatu lari terbaik saat itu tidak lepas dari tangan dingin Jim Davis selaku pemilik baru New Balace. Ketika merk lain mulai membuka pabrik di Asia terutama di Tiongkok dengan alasan murahnya biaya tenaga kerja di sana, Jim tetap mempertahankan pabrik di Amerika dengan alasan supaya Jim bisa mengontrol secara langsung kinerja perusahaan mulai dari segi keuangan, permintaan pasar, hingga kualitas produksi pabrik.

Strategi ini terbukti membuahkan hasil yang positif. Reputasi New Balance semakin meroket, pasar tumbuh semakin luas hingga pabrik di Boston tidak lagi sanggup memenuhi permintaan yang muncul hingga akhirnya New Balance memutuskan untuk menambah pabrik di Maine, provinsi yang tidak tidak jauh lokasinya dari Boston. Bahkan melalui strategi ini New Balance juga sempat berada di posisi 3 besar produsen sepatu atletik di dunia.

Strategi marketing yang pas dan unik juga terbukti berhasil meningkatkan reputasi New Balance. Setahu saya sampai saat ini New Balance tidak pernah menggunakan influencer siapapun untuk meng-endorse sepatunya. Bahkan Steve Jobs yang merupakan public figure asal Amerika dan bisa membuat Apple berjaya pun harus mengeluarkan uangnya sendiri untuk mendapatkan sepasang sepatu New Balance.

Saya percaya Steve Jobs dengan senang hati membeli sepasang sepatu New Balance karena selain sudah tidak butuh endorsement, Steve Jobs pasti terkesan dengan kenyamanan dan build quality dari sepatu New Balance. Bahkan beberapa kali Steve Jobs tertangkap kamera sedang melakukan presentasi sambil memakai sepatu New Balance.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline