Lihat ke Halaman Asli

Prodi Bisnis Digital di UNISAL

Diperbarui: 29 Desember 2022   10:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Perkembangan zaman dari waktu ke waktu menuntut segala sesuatu hal menajadi serbakekinian. Bidang pendidikan, teknologi, perekonomian, bahkan hingga  budaya terdampak hal itu. Sebagai mahluk yang diberikan akal oleh Sang Pencipta, mau tak mau harus mengikuti semua perkembangan tersebut.

Contoh kecil dari serbakekinian dalam bidang pendidikan adalah adanya teknologi-teknologi yang digunakan dalam proses belajar mengajar. Dahulu, untuk belajar memerlukan tatap muka secara langsung. Kini, berkat teknologi, pembelajaran bisa dilakukan tanpa harus bertatap muka secara langsung atau istilah lainnya adalah pembelajaran daring (dalam jaringan) dengan menggunakan peranti gawai dan penggunaan aplikasi tertentu.

Hal lain dari perkembangan di dunia pendidikan khususnya pendidikan di perguruan tinggi, yakni adanya program keahlian atau program studi yang mengikuti tren zaman. Program Studi Bisnis Digital sebagai salah satu contoh kecilnya.         

Bisnis digital dapat dikategorikan dalam rumpun ilmu terapan. Pada penerapannya, jurusan ini akan mengajarkan untuk merancang dan menjalankan bisnis yang berbasis digital. Ilmu yang akan diperoleh adalah perpaduan dari manajemen, bisnis, teknik informatika, dan juga sistem informasi. Umumnya, Jurusan Bisnis Digital tersedia pada program Diploma 4 atau Strata I.

Jurusan ini berdiri untuk menjawab tantangan bisnis masa depan yang akan didominasi oleh sistem digital sehingga memerlukan kajian terstruktur, mendalam, dan berkelanjutan untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat. Bahkan lebih dari itu, lulusan jurusan ini juga diharapkan memiliki keterampilan mumpuni untuk menjadi seorang ahli digital business yang mampu menghadirkan solusi dan rekomendasi dalam berbagai permasalahan bisnis.

Lalu, apakah memilih kuliah di jurusan ini bisa dikatakan memiliki keuntungan tersendiri? Melihat aktivitas perekonomian di Indonesia saat ini, yang hampir keseluruhan menggunakan platform pasar online serta aktivitas bisnis yang serbadigital ini, tentu menjadi salah satu keuntungan tersendiri dalam prospek kini hingga masa depan yang akan datang selama dunia digital terus eksis tentunya.

Selanjutnya adakah kampus yang membuka jurusan Bisnis Digital? Jawabannya tentu saja ada! Universitas Sali Al-Aitaam (Unisal) membuka penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2023-2024 untuk jurusan atau Program Studi Bisnis Digital. Kampus Unisal beralamat di Jalan Aceng Sali Al-Aitaam, Ciganitri, Bandung Jawa Barat. Jadi jika kamu benar berminat silakan hubungi atau kunjungi secara langsung kampus Unisal, untuk mendapatkan informasi lebih detilnya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai Jurusan Bisnis Digital, semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline