Lihat ke Halaman Asli

Didno

TERVERIFIKASI

Guru Blogger Youtuber

Dari Ngeblog Bisa Naik Haji? Insya Allah Bisa!

Diperbarui: 9 Februari 2020   23:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Porsi Haji (Dok. Pribadi)

Saya mulai ngeblog sejak bulan Maret 2009 lalu, awalnya ngeblog untuk menyimpan soal-soal ulangan untuk anak didik saya. Saat itu sebenarnya saya tidak punya laptop hanya bermodalkan pinjaman komputer dari teman yang sudah jarang dipakai.

Beruntung waktu itu ada paket internetan gratisan selama setahun dari salah satu operator seluler di tanah air sehingga saya bisa mengeksplor apa dan bagaimana itu blog dengan mempelajari secara otodidak dibantu mbah Google.

Setelah sekian lama ngeblog akhirnya menemukan hobi dan asyiknya ngeblog, disamping tugas utama saya sebagai seorang guru honorer saat itu. Dari hobi ngeblog yang awalnya hanya mengisi waktu luang hingga akhirnya memanfaatkan blog untuk mencari tambahan penghasilan dari menulis artikel di blog.

Saya akhirnya mulai bersemangat dan menggelutinya secara serius dunia blogging karena pengunjung blog semakin hari semakin meningkat, dari yang awalnya hanya puluhan, terus meningkat hingga ratusan pengunjung perhari. Sehingga kebiasaan ini akhirnya memacu saya untuk mencoba mengikuti lomba blog. Pada saat itu ada lomba blog yang diadakan oleh salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia cabang Cirebon pada bulan Nopember 2010.

Tidak disangka-sangka ternyata tulisan saya berhasil meraih penghargaan sebagai juara pertama Lomba Cirebon Blogger Competition dan berhak atas hadiah sebuah netbook Axioo Pico.

Penerimaan hadiah diberikan secara langsung di kantor Cabangnya di Cirebon bersama rekan-rekan blogger yang lainnya pada tanggal 22 Pebruari 2011. Laptop itu menjadi penyemangat saya menggeluti dunia blog, dan mengembalikan komputer pinjaman kepada teman saya.

Pada bulan Juni tahun 2011 saya mulai mengenal monetize atau monetisasi dari blog. Artinya seorang blogger bisa mendapatkan penghasilan dari blog dengan memasang iklan di blognya.

Karena pada waktu itu daftar adsense agak susah akhirnya daftar publisher lokal dari Indonesia. Dari situ pula saya mengenal apa itu tulisan berbayar atau istilahnya Job Review dengan bayaran ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Karena di daerah saya tidak ada komunitas blogger, akhirnya saya sering mengikuti berbagai event di luar tempat tinggal saya seperti di Jakarta, Bekasi, Bogor dan lain-lain. Di situ saya mulai memahami cara-cara menarik pengunjung ke blog kita agar bisa mendapatkan penghasilan yang banyak dari blog.

Sejak menang lomba blog, akhirnya saya kecanduan mengikuti berbagai lomba blog. Sudah puluhan penghargaan dari lomba blog dari yang berhadiah modem, uang tunai, handphone, laptop bahkan yang paling berkesan adalah mendapatkan sapi untuk kurban. Dari tulisan ternyata kita bisa mendapatkan hal yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Karena sering mendapatkan job atau kerjaan dan penghasilan dari blog. Maka sejak tanggal 7 Desember 2015 saya bertekad untuk menabung agar bisa daftar haji. Caranya dengan mengumpulkan uang recehan dari blog seperti pay per post dari dibayar 150 ribu sampai 1 jutaan, pay per click, buzzer dan lain-lain.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline