Lihat ke Halaman Asli

Dianisa Rizkika

Sedang belajar menulis

Kolaborasi BPJS Kesehatan dengan WeCare.id, Berbagi Kebaikan Melalui Fitur Donasi

Diperbarui: 6 April 2021   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Donasi via Platform Online (Sumber : ticketstripe.com)

BPJS Kesehatan menjalin kerjasama dengan platform penggalangan dana online bernama WeCare.id. WeCare.id merupakan salah satu lembaga yang membangun aplikasi fundraiser guna  memberikan bantuan kesehatan dan donasi kepada masyarakat yang membutuhkan secara online. WeCare.id juga mengutamakan transparansi data donasi dengan mempublikasikan setiap transaksi dan distribusi donasi kepada pasien.

Langkah donasi yang direncanakan oleh BPJS sebagai salah satu solusi dan inovasi pendanaan yang tepat sasaran. Kerjasama ini dilakukan dengan tujuan untuk optimalisasi fitur donasi baik pada website BPJS maupun website dan aplikasi WeCare.id. Untuk mempermudah masyarakat dalam menyalurkan sumbangannya, WeCare.id telah menyediakan berbagai metode pembayaran berupa kartu debit, kartu kredit, maupun transfer antar bank dengan akun virtual.

Kerjasama BPJS dengan pihak WeCare.id ini diharapkan dapat  menjangkau peserta JKN-KIS di berbagai daerah secara meluas serta meningkatkan kolektibilitas iuran terkhusus segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU).

Tidak hanya itu, kerjasama ini sebagai salah satu bentuk dukungan terhadap program JKN yang diselenggarakan pemerintah, karena WeCare.id juga memfasilitasi individu yang masih memiliki tunggakan iuran BPJS.

Dengan adanya program crowdfunding ini diharapkan  menjadi wadah masyarakat Indonesia yang belum terdaftar dalam BPJS Kesehatan oleh negara maupun secara mandiri, untuk tetap dapat fasilitas kesehatan yang terjamin. Dan kedepannya masyarakat tersebut dapat segera tergabung dalam JKN-KIS.

Semangat berbagi melalui WeCare.id meningkatkan ketertarikan masyarakat untuk berdonasi dalam program crowdfunding JKN-KIS tergolong tinggi. Hal ini terbukti dengan jumlah dana yang diterima oleh BPJS Kesehatan per 31 Desember 2020 mencapai Rp 1,329 miliar dan telah disalurkan kepada 3.784 peserta JKN-KIS.

Adanya kerjasama BPJS dengan WeCare.id, tercipta kondisi saling membantu dan tercipta subsidi silang antara masyarakat yang berkondisi finansial baik yang membantu peserta JKN-KIS yang kesulitan membayar melalui program donasi ini. Tidak hanya peserta yang sulit membayar, namun ada juga kelompok masyarakat tidak mampu yang belum terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI).

Urunan dana ini dilakukan karena perputaran roda ekonomi masyarakat yang terhambat akibat pandemi Covid-19. Pandemi menyebabkan banyak pekerja yang terpaksa kehilangan pekerjaan dan mengalami pengurangan pendapatan. Imbasnya, status kepesertaan JKN-KIS menjadi tidak aktif dikarenakan sulit untuk membayar iuran JKN-KIS setiap bulannya.

Kerjasama BPJS dan WeCare.id membangun stigma yang baik di masyarakat dan mendorong keterlibatan badan amal, CSR perusahaan,  ataupun pihak-pihak lainnya untuk turut berkontribusi membantu peserta yang sedang mengalami kesulitan ekonomi ataupun yang belum menjadi peserta JKN-KIS. Hal tersebut juga sebagai bentuk implementasi dari sistem gotong-royong yang diterapkan BPJS Kesehatan dalam menyelenggarakan Program JKN-KIS.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline