Lihat ke Halaman Asli

Surat Fatimah Untuk Suaminya

Diperbarui: 24 Juni 2015   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Fatimah  terdiam di depan dunia mungilnya. Hati-nya masih terasa pegeeeel sekali. perlahan dia mulai membuka gmail-nya. mengetik alamat yg di tuju "suamikutersayang@gmail.com"
dan dia mulai menuliskan bait demi bait,

"Kakak, maafkan aku....aku sedang sedikit marah sama kakak. Tapi aku juga tidak bisa terus-terusan menasihati kakak dengan kata-kata, karena aku juga tidak mau di katakan cerewet, bawel atau....sok suci, sok menggurui, sok alim, dll.....sungguh aku nggak mau.  Aku juga sebenarnya bukan orang yang suci kak....aku juga pernah menjadi orang yang tidak baik. dulu...dulu sekali.....dulu aku bandel....nakal...dan aneh-aneh. tapi itu dulu. Dan karena usiaku semakin bertambah, aku bertaubat. aku merasa bahwa sudah saatnya aku menebus kebandelanku dengan mendekatkan diri pada Allah SWT. Bukan saatnya lagi kita menambah dosa kak....beristighfarlah.

Kak, kakak tau kan kenapa hatiku pegel ? atau mungkin kakak tidak menyadari. berulang kali aku melihat kakak diam-diam memandangi foto-foto wanita - wanita yang hampir tanpa busana, gadis-gadis sexy, model-model manca negara. dia bukan mukhrim-mu kak. aku sedih  sekali. kenapa kakak tidak bersyukur telah memiliki aku ? kenapa harus wanita lain yang kakak lihat, apakah tidak cukup bagimu dengan melihatku ?

Berulang kali aku tegaskan bahwa itu termasuk zina mata. dan saat kita melakukan zina mata, hati kita menjadi hitam berjelaga. sekali dua kali...memandang lagi...dan hati kita akan semakin hitam. apa kakak masih belum mengerti bahwa itu haram ? dan sesuatu yang di haram-kan oleh Allah SWT  adalah dosa, dan kakak pasti tahu apa hukuman buat pendosa.

Kakak bacalah ayat Allah SWT kak,"  Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangan-nya dan memelihara kemaluan-nya. yang demikian itu adalah lebih suci dari mereka. sesungguhnya Allah maha mengetahui apa yang mereka perbuat, dan katakanlah kepada wanita yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangan-nya dan memelihara kemaluan-nya " (QS An-Nur (24) : 30-31)

Ketika Allah sudah menurunkan ayat, maka itu adalah perintah kak. dan siapa yang melanggar, itu artinya sudah melakukan dosa besar. kak, bersyukurlah telah memiliki aku, jagalah pandangan, jagalah hati dari hal-hal yg mendekatkan kita pada zina. suamiku sayang, ketika aku mengatakan "aku menerima lamaranmu" itu artinya aku sudah menerimamu apa adanya. dari segi fisik, keluarga dan lain sebagainya. aku merasa  aku juga manusia yang tidak sempurna kak...maka aku juga tidak boleh terlalu berharap laki-laki yang sempurna. dan aku bercermin atas diriku sendiri. Atas dasar itulah aku selalu merasa bahwa aku bahagia karena memilikimu

Suamiku sayang, waktu kita di dunia ini tidak akan lama lagi. Tugas kita masih sangat banyak. selain mendidik anak-anak kita supaya sukses bukan hanya di dunia tetapi juga di akhirat nanti. kita juga punya tugas menghapus dosa-dosa kita di masa lalu. Kak, salah satu doa yang pasti akan di kabulkan Allah adalah doa ketika kita bersujud. dan disetiap sujudku, 34 kali selama 5 waktu sholatku, setelah membaca "Subhaana rabbiyal a'laa wabihamdih"... aku selalu menyebut namamu,"Ya Allah, jadikanlah aku dan suamiku ahli syurga, ampunilah dosa kami, jauhkan kami dari siksa kubur dan siksa api neraka"

Aku melakukan itu karena engkau adalah sebagian dari nyawaku. kak...kita seringkali berbeda pendapat tentang orang yang hebat. seringkali kaka bilang "wah dia hebat ya bisa beristri tujuh, wah dia hebat ya istri simpanan-nya cantik-cantik"

dan ketika kalimat itu meluncur dengan polosnya dari bibirmu, aku hanya menunduk sedih dan beristighfar.

Karena buatku, laki-laki yang hebat adalah dia yang bisa setia pada satu istri, menyayangi dan membahagiakan sampai akhir hayat. laki-laki yang hebat adalah laki-laki yang berhasil memberikan contoh yang baik sehingga dia bisa mendidik anak-anaknya menjadi anak-anak yang sholih dan sholehah, yang bisa sukses dalam urusan duniawi dan akhirat. laki-laki hebat adalah laki-laki yang memiliki iman dan lurus dalam aqidah. laki-laki yang hebat adalah laki-laki yang selalu menggandeng tangan istrinya ketika menyeberang dengan alasan karena dia bertanggung jawab terhadap keamanan istrinya. laki-laki yang hebat adalah seorang laki-laki yang selalu mencium kening istrinya sebelum dan sepulang bekerja, sesudah sholat, sebelum dan sesudah tidur karena dia merasa bahwa dialah pelindung istrinya dan penenang agar istrinya selalu merasa nyaman.

laki-laki yang hebat adalah dia yang tidak pernah berteriak atau memaki istrinya ketika dia marah, dan justru dia memeluk dan membelai istrinya  ketika sang istri berbuat salah,  seraya berkata " maafkan papa ya, karena papa lalai menjaga mama, jadi mama berbuat salah deh, lain kali jangan diulangi ya, jadilah istri yang sholehah" karena sesungguhnya kesalahan yang di buat istri masih menjadi tanggung jawab suami. dia yang seharusnya meluruskan istrinya supaya berbuat kebenaran

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline