Lihat ke Halaman Asli

Dewi Puspasari

TERVERIFIKASI

Penulis dan Konsultan TI

Konflik Sindikat Kejahatan yang Pelik dalam "The Irishman"

Diperbarui: 4 Desember 2019   06:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(Credit: TriBeCa Productions)

"I heard you paint houses?" (Tanya Jimmy Hoffa kepada Frank Sheeran melalui telepon, "The Irishman").

Ketika masih kecil Frank Sheeran (Robert De Niro) mengira pekerjaan mengecat rumah selalu dimaknakan memberi warna kepada tembok agar nampak indah. Baru ketika ia bergabung dengan organisasi Teamster dan berkawan akrab dengan pimpinan sindikat kejahatan Russell Bufalino (Joe Pesci), makna pengecat rumah bisa berbeda.

Frank tak menyangka pria yang membantunya memecahkan persoalan ketika mobilnya mogok adalah seorang pria yang disegani di jaringan mafia di Amerika. 

Saat itu Frank masih menjadi pengemudi truk yang mengantar daging beku. Ia kemudian bertemu kali kedua ketika Bill Bufalino menyelamatkannya dari hukuman penjara. Rupanya Bill adalah sepupu Russell.

Orang yang membantunya membetulkan mesin mobilnya rupanya bukan orang biasa (Credit: TriBeCa Productions)

Russell memiliki pertemanan dengan orang-orang berpengaruh. Kata-katanya selalu didengarkan. Sejak itu nasib Frank berubah.

Hubungan Frank dan Russell semakin dekat. Ia membantu menyelesaikan permasalahan yang menggelisahkannya. Russell kemudian mengenalkannya kepada orang nomor satu di Teamster, Presiden Serikat Teamster Jimmy Hoffa (Al Pacino). Kedekatannya dengan Jimmy dan Russell kemudian membuat Frank merasa dilema.

Sebuah Cerita yang Menarik dengan Durasi Panjang
"Irishman" sebenarnya layak tayang di layar bioskop. Film garapan Martin Scorsese rata-rata bagus, apalagi ia mengajak aktor andalannya, Robert De Niro. Robert dan Martin telah beberapa kali terlibat dalam satu film. 

Film masterpiece mereka adalah "Taxi Driver" yang menjadikan nama Robert De Niro mencuat sebagai aktor muda potensial. Film ini juga disebut menginspirasi film "Joker". 

Selain "Taxi Driver" keduanya bekerja sama di antaranya dalam "Mean Street", "New York, New York", "Raging Bull", "The King of Comedy", "Goodfellas", dan "Casino".

Rupanya Martin Scorsese juga mengajak para aktor yang pernah terlibat dalam film-filmnya untuk mendukung "The Irishman". Mereka di antaranya Joe Pesci dan Harvey Keitel. 

Hanya ini kali pertama ia bekerja sama dengan Al Pacino. Ia berkata dalam sebuah wawancara ia sudah menunggu 50 tahun untuk dapat berkolaborasi dengan Al Pacino.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline