Lihat ke Halaman Asli

Devi Yulianti

Ibu Rumah Tangga, Owner Kedai Muslimah Olshop

Menulis Itu Mudah, Ide Tulisannya yang Susah?

Diperbarui: 16 Juni 2022   12:18

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Freepik.com

Pernah gak sih dengar statement ini "Menulis itu mudah, ide tulisannya yang susah" ?

Allright guys, setelah kalian memutuskan untuk menulis tentu statement ini selalu menjadi kupu kupu dalam pikiran kita hehe.
Sebenarnya menulis itu ngapain sih?

Menulis adalah suatu kegiatan mengungkapkan gagasan, pikiran, pengalaman dan pengetahuan ke dalam bentuk catatan dengan menggunakan aksara, lambang atau simbol yang dibuat secara sistematis sehingga dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain.

Menurut saya, menulis ialah aktivitas pengganti ketika kita tidak memiliki aktivitas yang lebih penting yang harus kita lakukan. Kebanyakan menulis dilakukan oleh orang orang yang memiliki banyak waktu luang, kalau kata remaja sekarang "Gabut". Sangat besar kesempatan bagi orang orang gabut seperti saya untuk terus melakukan kreativitas menulis.

Terus berlatih menulis adalah salah satu cara mengembangkan ketertarikan kita dalam dunia kepenulisan. Termasuk dalam mendapatkan ide-ide untuk menulis. Akan tetapi kendala yang dihadapi kebanyakan orang adalah sulitnya mencari ide untuk tulisannya.

Meski sudah profesional nyatanya masih saja ada yang kesulitan untuk mendapatkan ide menulis yang terbaik. Agar Anda bisa terus mendapatkan ide dalam menulis, coba lakukan berikut ini seperti dikutip dari perpustakaan online Universitas Peradaban, Kamis (16/6).

1. Rajin Membaca adalah Kunci
Membaca referensi seperti novel lain atau buku yang berhubungan dengan ide bisa menjadi cara ampuh mendapatkan ide baru. Dengan membaca referensi bisa membuka mata dan pikiran kita tentang ide baru yang akan dituliskan.Melalui membaca referensi Anda juga dapat melihat bagaimana gaya penulisannya serta ide yang kreatifitas di dalamnya.

2. Mencoba Menuliskan Apa yang Dirasakan
Menulis tidak selalu soal apa yang ada dipikiran, namun bisa juga dari apa yang dirasakan  dalam hati selama ini.  Biasanya keresahan yang dialami soal kejadian di sekitar bisa dijadikan ide dalam menulis.

3. Lakukan Diskusi Tentang Hal Apapun dengan Orang Lain
Menjadi penulis tidak harus merasa semua idenya berasal dari diri sendiri, mencoba diskusi kepada orang lain pun tidak masalah. Orang lain di sekitar kadang bisa memberikan ide yang lebih baik dari yang ada selama ini.

Selain itu orang lain juga bisa berbagi kisahnya atau inspirasi yang bisa membangkitkan ide Anda untuk menulis. Jika Anda merasa buntu dalam mendapatkan ide baru atau ingin memiliki ide menulis yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline