Lihat ke Halaman Asli

Begini Cara Perindo Rayakan Idul Adha

Diperbarui: 15 September 2016   18:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber foto : okezone.com

Setiap tahun, umat muslim di seluruh dunia memperingati Hari Raya Idul Adha, atau yang lebih dikenal di Indonesia dengan sebutan ‘Lebaran Haji’. Maklum, orang-orang tua kita nyebut istilah tersebut karena Idul Adha berbarengan dengan kewajiban umat muslim untuk pergi haji (jika mampu). Selain itu, dalam ajaran Islam, setiap muslim yang memiliki rezeki lebih diwajibkan untuk berqurban, entah sapi, kambing, kerbau, onta, dan domba, untuk dibagikan ke orang miskin.

Meski semua orang sadar akan pentingnya ‘berbagi’ di momen ini, tapi masih ada saja orang-orang yang pelit untuk menyisihkan penghasilannya untuk orang lain. Makanya, saya salut sama sosok Ketua Umum DPP Perindo Hary Tanoesoedibjo, yang membuat gerakan ‘qurban nasional’ dari tahun 2015 lalu. Gerakan ini meminta semua DPD dan DPW Perindo untuk berqurban dan mendistribusikannya langsung ke masyarakat.

Tahun ini, Hary Tanoesoedibjo nyumbang 39 ekor sapi dan 700 ekor kambing yang disebar ke seluruh kantor DPD Partai Perindo di seluruh Indonesia. Sudah nyumbang banyak, bukan berarti tidak berqurban di Jakarta, CEO MNC Group ini memberikan ‘sapi berotot’ atau Sapi Limousin yang beratnya 1,2 ton kepada warga di daerah Mampang, Jakarta Selatan.

Bagaimana di daerah lain? Tentu saja kader Perindo di seluruh Indonesia tidak mau kalah dengan ketua umumnya. Walaupun tidak nyumbang sebanyak Hary Tanoesoedibjo, mereka tetap ikhlas menjalankan kewajibannya untuk berbagi. Seperti di Jawa Tengah, Ketua DPW Partai Perindo Semarang Beny Setiyono menyumbang tiga ekor kambing. Enggak hanya sekedar nyumbang, Beny memerintahkan kader Perindo Semarang membantu Masjid dan meshola untuk mendistribusikan daging qurban ke masyarakat.

Sementara Ketua DPW Jawa Barat Ade Wardhana memborong 27 kambing dan sudah didistribusikan dengan baik. Lalu DPD Perindo Kabupaten Bogor juga turut menyalurkan hewan kurban dengan menyumbang 12 ekor kambing yang disebar di empat titik di dua kecamatan.

Di Banten, Ketua DPW Perindo Banten Yandra menyalurkan delapan ekor kambing untuk diqurbankan ke delapan kabupaten/kota di provinsi tersebut. Semantara di Kendari, DPW Perindo Sulawesi Tenggara (Sultra) juga berqurban di seluruh kabupaten/kota secara serentak. Pengurus di 17 DPD Perindo masing-masing menyumbang 1 ekor kambing. 

Selain di DPP, DPD, dan DPW Perindo, organisasi sayap partai seperti Pemuda Perindo juga menyumbang 2 ekor kambing dan 4 ekor sapi. Bertempat di pemukiman padat penduduk kawasan Bantaran Sungai Deli, Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan. Dan masih banyak lagi karena semua DPD dan DPW Perindo se-Indonesia melakukan qurban nasional sesuai arahan ketua umum.

Dilansir okezone.com, Hary Tanoesoedibjo menyatakan sumbangan dari Perindo ini cuma sebagian kecil yang bisa diberikan ke masyarakat di Hari Raya Idul Adha ini. Ia pun mengajak tak lupa mengaja masyarakat yang mampu secara materi untuk berbagi dan tidak hanya dalam Idul Adha.

“Pesan saya marilah kita menyisihkan apa yang kita miliki kepada saudara kita yang membutuhkan, paling tidak‎ setiap tahun dalam rangka menyongsong hari raya Idul Adha,” katanya.

Sebagai informasi, tahun lalu, ia menyumbang 519 ekor kambing dan 27 ekor sapi yang disalurkan DPD Perindo di Indonesia. Hary Tanoe seolah mengajarkan kepada masyarakat baik muslim maupun nonmuslim untuk selalu berbagi kepada masyarakat, tanpa memandang segala perbedaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline