Lihat ke Halaman Asli

Erni Purwitosari

TERVERIFIKASI

Wiraswasta

Tiga "Surga" Danau Toba Ini Sayang untuk Dilewatkan

Diperbarui: 20 September 2021   07:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Picture by Pariwisata Sumut

Danau Toba. Siapa yang tidak mengenal salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) ini? DSP Toba, demikian sebutannya. Satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah. Yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bakso dan Likupang. 

Danau Toba, menurut sejarah terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung, Gunung Toba, yang terjadi 74.000 tahun yang lalu. Luas Danau Toba yang lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman yang mencapai 450 meter, membuat Danau Toba lebih mirip lautan daripada danau.

Danau Toba, dengan Pulau Samosir yang muncul ditengah-tengah danau beberapa saat setelah terjadinya letusan, merupakan kepingan "surga' di Sumatera Utara. Wonderful Indonesia yang memukau dunia.

Tahun 2020 lalu UNESCO menetapkan Danau Toba sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark. Artinya keindahan dan keunikan yang dimiliki Danau Toba diakui dunia. Tak hanya menjadi kebanggaan Indonesia tapi juga kebanggaan dunia. Taman bumi warisan dunia.

Sebagai taman bumi, lokasi sekitar Danau Toba begitu indah dan memukau. Tepat untuk dijadikan destinasi Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE). Fasilitas hotel berbintang di sekitar lokasi semakin memudahkan mereka yang ingin mengadakan pertemuan dalam jumlah banyak. Jadi, MICE di Indonesia Aja. 

Banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di Danau Toba. Antara lain:

- Berkayak. Mengitari Danau Toba yang lebih mirip lautan.

- Berkemah. Menikmati keindahan sunrise dan sunset di Danau Toba.

- Hiking. Melihat keindahan Danau Toba dari atas bukit.

- Mencari oleh-oleh yang khas. Ulos dan ukiran. 

- Wisata sejarah. Menikmati Heritage of Toba dengan mengunjungi Museum Simalungun, Museum Huta Bolon, Museum Tomok, Museum Jamin Ginting, Museum Lingga dan Museum TB Silalahi.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline