Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta - Wiraswasta

Pesepeda dan pemotor yang gemar berkain serta berkebaya. Senang wisata alam, sejarah dan budaya serta penyuka kuliner yang khas.

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Tiga "Surga" Danau Toba Ini Sayang untuk Dilewatkan

20 September 2021   07:27 Diperbarui: 20 September 2021   07:29 229 15 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tiga "Surga" Danau Toba Ini Sayang untuk Dilewatkan
Picture by Pariwisata Sumut

Danau Toba. Siapa yang tidak mengenal salah satu Destinasi Super Prioritas (DSP) ini? DSP Toba, demikian sebutannya. Satu dari lima Destinasi Super Prioritas yang dicanangkan oleh pemerintah. Yakni Borobudur, Danau Toba, Mandalika, Labuan Bakso dan Likupang. 

Danau Toba, menurut sejarah terbentuk dari letusan dahsyat sebuah gunung, Gunung Toba, yang terjadi 74.000 tahun yang lalu. Luas Danau Toba yang lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman yang mencapai 450 meter, membuat Danau Toba lebih mirip lautan daripada danau.

Danau Toba, dengan Pulau Samosir yang muncul ditengah-tengah danau beberapa saat setelah terjadinya letusan, merupakan kepingan "surga' di Sumatera Utara. Wonderful Indonesia yang memukau dunia.

Tahun 2020 lalu UNESCO menetapkan Danau Toba sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark. Artinya keindahan dan keunikan yang dimiliki Danau Toba diakui dunia. Tak hanya menjadi kebanggaan Indonesia tapi juga kebanggaan dunia. Taman bumi warisan dunia.

Sebagai taman bumi, lokasi sekitar Danau Toba begitu indah dan memukau. Tepat untuk dijadikan destinasi Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE). Fasilitas hotel berbintang di sekitar lokasi semakin memudahkan mereka yang ingin mengadakan pertemuan dalam jumlah banyak. Jadi, MICE di Indonesia Aja

Banyak hal yang bisa dilakukan saat berada di Danau Toba. Antara lain:

- Berkayak. Mengitari Danau Toba yang lebih mirip lautan.

- Berkemah. Menikmati keindahan sunrise dan sunset di Danau Toba.

- Hiking. Melihat keindahan Danau Toba dari atas bukit.

- Mencari oleh-oleh yang khas. Ulos dan ukiran. 

- Wisata sejarah. Menikmati Heritage of Toba dengan mengunjungi Museum Simalungun, Museum Huta Bolon, Museum Tomok, Museum Jamin Ginting, Museum Lingga dan Museum TB Silalahi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan