Lihat ke Halaman Asli

Deni Darmawan

Ikatlah Ilmu Dengan Tulisan - silahkan berkunjung ke www.denidarmawan.id

Jurnalis Milenial di Era Digital

Diperbarui: 4 April 2022   08:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Flyer jurnalis milenial/dokpri

Prodi Sastra Indonesia Universitas Pamulang (Sasindo-Unpam) menggelar webinar dengan judul "Jurnalis Milenial. Teknik Menulis Reportase di Era Digital" pada Minggu (3/4/2022) melalui zoom. Narasumber kegiatan ini adalah Deni Darmawan, seorang penulis reportase keagamaan Unpam dan penulis buku "Menulis itu Gampang". Turut hadir Kaprodi Sasindo Unpam Misbah Pri Agung, dosen dan penulis 22 buku yaitu Amaliyah, dan para mahasiswa.

Tujuan diselenggarakan kegiatan ini agar mahasiswa bisa menjadi jurnalis dan memanfaatkan platform media digital untuk menulis reportase dari semua kegiatan yang diadakan di lingkungan Universitas Pamulang, khususnya di Prodi Sasindo.

Dalam sambutannya, Misbah Priagung Nursalim mengatakan pentingnya citizen journalism. "Dulu, sulit sekali menulis reportase ke media massa. Namun, saat ini sudah banyak portal berita online yanng memudahkan para masyarakat untuk menulis berita yang terjadi di masyarakat," kata Misbah.

"Dengan mengikuti webinar ini, diharapkan mahasiswa sasindo bisa menulis reportase dengan baik dan efektif. Era ini kita bisa memanfaatkan untuk menginformasikan dan mempublikasikan semua kegiatan kita di portal berita media online," lanjut Misbah.

Amaliyah ikut memberikan motivasi. Belajar jurnalistik akan memudahkan kita menulis secara baik. "Dulu, saya pernah ikut lembaga pers mahasiswa di UIN Pekalongan. Banyak pengalaman yang saya dapat, sehingga hal ini memudahkan saya menulis berbagai macam buku. Jadikan itu semua sebagai rekreasi ilmu. Daya baca dan menulis harus kita tingkatkan. Kuncinya, membaca, menulis dan mengamati. Dengan menjadi jurnalis akan kita dapat pengalaman itu semua," ujar Amaliyah yang sudah menulis 22 buku.

Dari kiri: Amaliyah, Deni Darmawan, Misbah Priagung Nursalim (Dokpri)

Deni Darmawan menyampaikan kenapa harus menjadi jurnalis milenial. "Mahasiwa sastra jangan hanya belajar teori saja di kelas, tapi harus harus mencari pengalaman lain di luar kelas. Menjadi jurnalis kampus akan menjadi pengalaman berharga ketika lulus kuliah nanti. Karena kita hidup di era digital, maka jadilah jurnalis milenial yang mampu mereportasekan semua kegiatan di berbagai media online. Manfaatkan teknologi untuk mencari dan berbagi ilmu dan informasi," terang Deni yang sudah menulis ratusan artikel reportase di media massa.

Keuntungan menjadi jadi jurnalis kampus akan belajar banyak hal. "Selain pengalaman, kita bisa mengaplikasikan teori. Kemampun menulis kita pun akan semakin terasah dan baik. Kita akan mengetahui banyak hal tentang kampus, dan kita pun akan dikenal. Begitu banyak keuntungan yang akan diperoleh," ungkap Deni yang menulis buku "Menulis itu gampang".

Menulis reportase akan memberikan manfaat ke orang banyak. "Manusia itu kepo, punyai keingintahuan yang besar terhadap informasi. Maka, buatlah reportase dengan kaidah jurnalistik. Kegiatan organisasi, prodi, kampus akan terpublikasi ke khalayak luas. Rekam jejak digital positif akan memberikan dampak ke seseorang atau lembaga," jelas Deni penuh semangat.

Peserta webinar jurnalis milenial (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline