Lihat ke Halaman Asli

Dela safira

https://www.kompasiana.com/dela09105

Inilah Perbedaan Fog Lamp H11 dan H16

Diperbarui: 14 November 2019   14:12

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inilah perbedaan foglamp H11 dan H16 (otomotifnet.gridoto.com)

Mobil memiliki banyak komponen penting salah satunya adalah lampu mobil. Foglamp merupakan salah satu lampu kabut yang penting dimiliki mobil, lampu ini akan menyala ketika jalanan yang dilalui berkabut maupun hujan yang terjadi pada malam maupun siang hari. Foglamp umumnya memiliki cahaya yang melebar dari sorotan cahaya lampu utama yang lebih mengarah kedepan. Beberapa toko jual produk lampu fog lamp menawarkan dua jenis lampu kabut yaitu lampu kabut bagian depan dan bagian belakang. Untuk lampu kabut pada bagian depan berada dibawah bumper bawah baik itu sisi kiri dan kanan sedangkan lampu kabut untuk bagian belakang menyatu pada lampu belakang mobil sehingga akan memancarkan warna lebih terang.

Berikut adalah perbedaan antara foglamp jenis H11 dan H16 diantaranya:

  • H11 dengan sistem satu lampu, digunakan juga sebagai headlamp, memiliki bahan material yang kuat dan tahan terhadap panas yang akan dihasilkan oleh lampu H11 mulai dari kaca, socket, housing hingga kabel, memiliki daya lampu sebesar 55 watt dan kekuatan cahaya hingga 1350 lumen dengan tegangan 12 volt.

  • H16 dengan lampu umum khusus lampu kabut yang memiliki daya sebesar 1 watt dan memiliki kekuatan cahaya sebesar 12 volt dengan 500 lumen, lampu yang cukup aman dengan housing menggunakan mika kaca sehingga sudah banyak digunakan.

 Walaupun demikian foglamp dan headlamp memiliki perbedaan. Headlamp merupakan lampu utama yang digunakan untuk penerangan. Beberapa mobil menggunakan headlamp sebagai cahaya terang untuk memberikan sorotan cahaya dan tidak memberikan sorotan langsung. Headlamp juga membantu peranan lampu kabut karena posisinya yang berada di bawah lampu utama.

Toko jual produk lampu fog lamp menjelaskan bawah fog lamp memiliki intensitas yang kuat dibanding lampu utama. Lampu kabupat dapat menembus jalan hingga melewati cuaca ekstrim baik it hujan deras hingga kabut tebal. Foglamp juga lebih cocok berwarna kuning sedangkan lampu utama umumnya memiliki warna putih. Foglamp memberikan kebutuhan terhadap mobil-mobil yang digunakan misalnya untuk mobil SUV maka peran lampu kabut sangat penting.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline