Lihat ke Halaman Asli

Panduan untuk nonton F1 2014 (Part1)

Diperbarui: 24 Juni 2015   01:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

PETRONAS - MALAYSIA GRAND PRIX (F1) 2014

Setiap tahun, perusahaan saya selalu menugaskan saya untuk menjadi bagian dari team inti - panitia Malaysia Grand Prix (atau yang lebih dikenal dengan F1) untuk menjadi Liaison Officer dari Indonesia, dan saya selalu ditugaskan untuk membawa pejabat2 tertinggi negara yang tentunya ditugaskan untuk menemani mereka ditempat duduk dimana antara jarak tempat duduk dan lokasi starting point balapan hanya beberapa meter saja, sehingga bisa melihat dengan amat sangat jelas pembalap2 beserta acaranya.

Dan secara saya selalu ditanya sama teman2 pecinta F1 mengenai lapangan/medan di TKP, maka, dari pada menjawab satu persatu, untuk praktisnya, saya memutuskan untuk sharing aja pengalaman dan pengamatan saya selama mengikuti acara tersebut. Silahkan dibaca infonya, semoga berguna.


WHAT/WHEN/WHERE :

F1 atau Formula One adalah acara balapan mobil tahunan yang diselenggarakan di berbagai negara di dunia, termasuk Malaysia. Untuk event di Malaysia, F1 yang akan datang akan diselenggarakan pada tanggal 28-30 Maret 2014, dimana pada tanggal 28-29 Maret adalah pre-qualification day, sedagkan lomba balapan nya sendiri akan dilaksanakan pada tanggal 30 Maret 2014, jam 16.00 sore, di selenggarakan di sirkuit Sepang – KualaLumpur, Malaysia, yang terdiri dari 56 lap (putaran) yang di ikuti oleh beberapa pembalap dari beberapa negara, yang biasanya di tonton oleh sekitar 80,000 manusia dari berbagai kelas tiket, dari yang paling murah hingga ke yang paling mahal.

Team yang akan bertanding di tahun 2014 adalah :

Red Bull Racing
Caterham
Lotus
Ferrari
Marussia
McLaren
Toro Rosso
Force India
Mercedes
Williams
Sauber

PETRONAS – MERCEDES TEAM 2014 :

Full Team Name: Mercedes AMG Petronas F1 Team
Base: Brackley, UK
Team Principal: Ross Brawn
Technical Chief: Bob Bell
Drivers: Nico Rosberg, Lewis Hamilton
Chassis: F1 W05
Power Unit: Mercedes-Benz PU106A Hybrid
Tyres: Pirelli
First Season: 2010
World Championships: 0
Highest Race Finish: 1 (x4)
Pole Positions: 9
Fastest Laps: 4

HARGA TIKET

Harga tiket bervariasi, dari yang paling murah hingga yang paling mahal. Mulai dari RM 26,5 hingga harga paling mahal RM 10,000. Tapi biasanya, harga tiket yang RM 10,000 hanya berlaku untuk undangan, which is pejabat2 tinggi dari seluruh dunia, mulai dari Presiden, Raja/Ratu, Pangeran, Perdana Menteri, Menteri,maupun petinggi2 tingkat dunia. Kalau pejabat2 dibawahnya, masuk ke kelas RM 2,500.

Tiket bisa dibeli secara online, dari website resmi nya dengan kurs harga menggunakan mata uang Malaysia, and please note that current currency rate as per Friday, 15 Feb 2014,1 RM = Rp 3,583. Jadi silahkan kalikan sendiri harga tiket nonton nya dalam bentuk rupiah ya J

Check harga tiket terkini di website resmi mereka :

http://www.malaysia-grand-prix.com/en/2387-malaysia-f1/

http://www.sepangcircuit.com/Ticketing-@-Buy_Tickets_Online-%C2%BB-Formula_1_Petronas_Malaysia_Grand_Prix.aspx


FLIGHT :

Ada beberapa penerbangan ke Malaysia, yang paling popular adalah

- Malaysia Airlines : http://www.malaysiaairlines.com/id/en.html

- Garuda Indonesia : http://www.garuda-indonesia.com/

- Air Asia : http://www.airasia.com/id/en/home.html

Ada beberapa penerbangan ke Malaysia dalam satu hari, mulai dari jam 05.00 subuh sampai jam 20.30 malam. Apabila kamu ingin nonton tanpa harus menginap di Malaysia, untuk kembali ke Jakartanya, kamu bisa ambil tiket Air Asia yang paling malam, sekitar jam 21.30 malam (jadwal tambahan penerbangan malam ke Jakarta hanya berlaku selama acara F1 saja).

Please note this important note :

Jarak dari sirkuit Sepang ke Kuala Lumpur City Centre (KLCC) sekitar 60 menit perjalanan, akan tetapi, saat bubar acara, bisa 3-4 jam keluar dari arena untuk menuju ke KLCC karena ribuan mobil yang keluar pada saat yang bersamaan.

Jarak sirkuit Sepang ke Kuala Lumpur International Airport (KLIA) normalnya hanya memakan waktu selama 10-15 menit, akan tetapi pada saat bubar acara F1, kamu bisa terjebak macet selama 2-2,5 jam.

Acara pertandingan itu sendiribiasanya mulai dari jam 10.00 pagi (pre qualification), tapi acara final F1 racing nya sendiri akan mulai jam 16.00 dan selesai pukul 17.30, kalau misalnya kamu menggunakan pesawat yang jam 21.30, harus keluar dari circuit jam 17.15pm untuk menghindari traffic jam. Jadi apabila kamu memutuskan untuk mengambil pesawat terakhir, sekitar 15 menit sebelum acara berakhir, langsung lari naik taksi ke bandara, atau langsung ngantri shuttle bus sebelum acara selesai, untuk menghindari ketinggalan pesawat, karena kamu sudah harus check in di bandara sekitar 2 jam sebelumnya! Kalo mau lebih aman nya, ambil penerbangan yang ke esokkan harinya aja. Tapi harap dicatat, harga tiket pesawat dan biaya hotel/ penginapan selama acara F1 (H-3, H+3) bisa naik berkali2 lipat, dan biasanya fully booked. Jadi kamu sudah harus membooking tiket pesawat dan penginapan dari jauh2 hari.

ACCOMMODATION

Berbagai hotel berbintang antara lain Mandarin Oriental, Traders, Nikko, Aston, Ascott, Maya, Impiana, JW Marriot, Regent, Ritz carlton, Hilton, etc, dengan rata saat F1 sekitar RM 700-RM 3,000/room/night (Rate F1 bo! )

Pilihan lain adalah backpackers hostel, rate mulai dari RM 60/person/nite. Untuk daftar penginapan hostel murah (low budget hostel), silahkan lihat di postingan saya :

http://deedeecaniago.blogspot.com/2008/04/rangkuman-penginapan-budget-di-malaysia.html

HOW (TO GET TO SEPANG CIRCUIT)

1.Shuttle Bus

Apabila kamu tidak mempunyai kendaraan pribadi, jangan khawatir, Motorsport menyediakan banyak sekali suttle bus dengan jam keberangkatan di setiap 10 menit sekali atau sepenuhnya bus (mana yang duluan aja), yang diberangkatkan dari Kuala Lumpur City Centre (KLC), biasanya diparkir di lobby depan Menara I Petronas menuju ke pintu masuk Sircuit Sepang. Demikian pula sebaliknya.

2.Private Car - Car Park

Kamu bisa menyewa kendaraan, tapi tariffnya akan lebih mahal dari biasanya.Cuman kalau kamu mau dan mampu (apalagi kalau sama keluarga atau bawa tamu2 penting), bisa sewa kendaraan di perusahaan yang saya rekomendasikan, Triways KLCC, bisa hubungi Ediyal Djamalus di eddiee101@gmail.com atau eddie@trwiyasklcc.com.my (mobile phone is available upon request, do ask me).

Apabila kamu membawa kendaraan, silahkan beli stikernya seharga RM 150 (sekitar Rp 450 ribu) untuk bisa masuk ke entrance area dan memarkirkan mobil di lokasi parkir yang disediakan. Tapi apabila kamu tidak punya sticker parkir, maka mobilmu hanya boleh diparkir diluar sirkuit dan kamu harus berjalan kaki sekitar 3 Km untuk menuju ke arena dan tempat dudukmu. Tapi tenaaaang, kalo kamu nggak mau bayar parkir mobil didalam yang harganya mahal sangat itu, kamu bisa taro mobil diluar dan jalan kaki bersama ribuan orang lain. Biar panas, tapi seru kok, euforianya dapet banget! FYI sewa mobil pada saat F1 akan mahal sekali, mulai dari RM 300/hari nya, jadi kalo nggak ada mobil, mendingan naek shuttle bus aja deh

3.Taxi

Pada saat F1, biasanya taksi tidak mau menggunakan argo, jadi pinter2nya kamu untuk negosiasi. Kemaren taksi dari sirkuit Sepang ke Kuala Lumpur International Airport (yang jaraknya sangat dekat) aja digetok RM 130 (tapi untungnya kamu bisa sharing bersama sekitar 4 orang) untuk taksi sejenis mikrolet di Jakarta.

BERSAMBUNG ke:The Art of Watching F1 Racing - Sepang Circuit, Malaysia (Part-2)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline