Lihat ke Halaman Asli

Damanhuri Ahmad

Bekerja dan beramal

Lewat Bertani dan Bertukang, Ayah Menanamkan Kemandirian dalam Hidup

Diperbarui: 24 Juni 2022   15:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Seorang petani sedang meratakan lahan sawahnya yang akan di tanami padi di Sicincin. (foto dok damanhuri)

Saya terlahir dari ayah dan ibu yang berprofesi petani. Dan sejak kecil, ketika usia sekolah SD, saya sering diangkut ke sawah dan ladang oleh ayah.

Meskipun petani penggarap sawah dan ladang, ayah saya terkenalnya sebagai seorang tukang bangunan. Artinya, dua profesi ini melekat dalam diri ayah. Bila tak ada kerajaan membuat bangunan, ayah menghabiskan waktunya di sawah atau di ladang.

Kepandaian tukang bangunan ini langsung didapatkan ayah dari ayahnya pula. Sampai ayah meninggal dunia 2014, profesi tukang ini tetap melekat dalam dirinya.

Sayang, kepandaian ayah itu tak mampu melekat ke saya. Padahal, ayah ingin sebenarnya saya pandai terhadap ilmu yang dia punyai itu.

Berkali-kali dan sering saya ikut ayah bekerja di rumah orang, ikut jadi kulinya, namun tak pernah bisa saya bertulang itu.

Begitu juga bertani. Sering saya ikut ke sawah dan ke ladang, ikut menyabit padi, bertanam, dan juga membajak sawah dengan kerbau, tapi setelah ayah pergi selamanya, profesi itu tak bisa melekat dalam diri saya.

Ke ladang, saya juga sering ikut dan membantu pekerjaan ayah yang sering bekerjasama dengan kawan berladang cabai.

Ladang cabai di Nagari Lurah Ampalu, Kecamatan VII Koto Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman ini panennya dua kali dalam sepekan, yakni Selasa dan Jumat.

Pulang sekolah, saya langsung ke ladang yang kala itu sawah yang dijadikan ladang oleh ayah bersama kawannya.

Cabai yang dipetik Jumat, Sabtunya diangkut ke Pasar Ampalu. Sedang yang dipetik Selasa untuk dijual ke Pasar Sungai Sariak Rabu, hari pekannya Sungai Sariak.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline