Lihat ke Halaman Asli

Sikap yang Dibutuhkan dalam Mendidik Anak Usia Dini

Diperbarui: 20 November 2017   22:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DOKPRI

            Agar pembelajaran di dalam kelas berjalan dengan baik dan menyenangkan maka dibutuhkan beberapa sikap pendidik yang dapat menunjang kegiatan tersebut di antaranya:

  • Siapkan tema yang menarik untuk anak didik

Kesiapan dalam memberikan sebuah pembelajan dalam kelas adalah syarat utama dalam mendidik anak TK. Sebelum masuk ke dalam kelas guru harus sudah menyiapkan tema apa yang akan di jelaskan pada anak dan mengemasnya menjadi sesuatu yang menarika bagi anak didik jangan sampai di dalam kelas anak didik merasa jenuh karena kurangnya persiapan pendidik dalam menyapaikan pembelajaran. Jadi Pendidik disini berupaya untuk selalu berfikir dan berinovasi setiap harinya. Untuk memunculkan sesuatu yang baru agar anak tidak jenuh dalam belajar.

  • Hargailah anak usia dini

Memberikan penghargaan pada peserta didik bisa dilakukan denan cara memberikan apresiasi jika ada anak didik yang bertanya, mengungkapkan pendapatnya di kelas ataupun memajang hasil karya anak didik di kelas akan memberikan pengaruh baik pada anak seperti anak didik akan lebih termotivasi untuk berbuat lebih baik lagi.

  • Tersenyum pada anak didik

Setiap masuk kelas berikan selalu wajah yang tersenyum ceria karena senyum adalah multivitamin yang mampu membangkitkan semagat anak. Sorang guru yang masuk kelas dengan wajah yang penuh senyuman maka anak didik akan merasa nyaman dengan gurunya.

  • Mencuri perhatian anak didik

Mencuri perhatian anak didik memang tidak mudah maka dari itu kita harus aktif dalam pegajaran sehingga dapat menarik perhatian anak-anak, aktif disini dapat berupa menunjukan rasa semangat ketika mengajar ataupun membimbing peserta didik.

  • Bersahabat dengan anak didik

Setiap peserta didik tidak seharusnya selalu dianggap sebagai objek pendidikan, kehadiran mereka harus diakui sebagai partner ataupun sahabat, sehingga memudahkan pendidik untuk memberikan pemahaman dalam pendidikan.

  • Menjadi teladan yang baik

Dapat menjadi  teladan bagi peserta didik adalah suatu keharusan bagi setiap pendidik, karena pada masa perkembangannya seorang anak sangat mudah untuk menirukan atau mencontoh perilaku dari pendidik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline