Lihat ke Halaman Asli

Juli Nugroho

Brand-Marketing-Service Excellence Professional.

YUK BERINOVASI SEPERTI LEGO

Diperbarui: 28 Oktober 2016   14:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Perubahan Zaman, biasanya akan  membawa perubahan trend. Seorang business leader haruslah memiliki kemampuan untuk meneropong masa depan, sehingga mereka siap menghadapi perubahan zaman.

Banyak brand yang tetap eksis ataupun semakin meroket saat peruahan ini terjadi. Namun tidak sedikit pula yang rontok karena tidak siap menghadapi perubahan zaman ini.Dalam artikel ini, saya ingin membahas mengenai sebuah brand yang tetap exist dan mungkin semakin berkibar walaupun telah berada puluhan tahun di pasar. Secara kebetulan brand ini adalah salah satu mainan yang lumayan sering saya mainkan ketika saya kecil.Brand itu adalah LEGO. Saya dibeikan LEGO saat saya berumur 5 tahunan, saat itu adalah di pertengahan tahun 70an. Cukup lama bukan.  

LEGO adalah brand mainan yang berasal dari Denmark, sebuah Negara di Utara Eropa yang juga menjadi negeri dari sang pendongeng Hans Christian Andersen. Lego sendiri merupakan singkatan badari”LEG GODT", sebuah kata berbahasa Denmark berarti  sebagai  "bermain dengan baik". LEGO didirikan oleh  Ole Kirk Kristiansen, pada 86 tahun silam.Perusahaan ini kini dikelola oleh keturunan sang pendiri.

Bila pada awalnya LEGO merupakan mainan balok balokan yang dibuat dari kayu, Di akhir era 1950an, LEGO bahkan bertransformasi secara jenius menjadi mainan balok plastik yang dapat dicopot pasang bahkan dapat dibuat berbagai bentuk yang tidak terhingga.

Lompatan dari Kayu menjadi plastic brick ini seolah menjadi quantum leap bagi LEGO. Aneka kreasi dilakukan, mulai dari LEGO untuk anak anak Balita, hingga LEGO yang dapat terhubung dengan perangkan mekanik yang dapat digerakkan. Jutaan butir Lego dapat saling dihubungkan. LEGO menginspirasi konsumennya untuk menjadi “creator” sehingga bisa  membuat aneka kreatifitas, mulai dari bentuk mobil, pesawat higga  gedung pencakar langit yang menjadi icon berbagai kota didunia.

Apa yang terjadi dengan LEGO di era anak anak saya? Terpurukkah mereka ? Jawabannya tentu tidak, sekali lagi Inovasi membuat mereka makin besar. Coba kita lihat, bahkan kini mereka juga mengembangkan suatu taman bermain yang diberi nama LEGOLAND yang seolah mengaktualisasikan brick plastic itu dalam bentuk bentuk yang actual. Bahkan taman bermain itu juga telah berdiri di Malaysia.

Selain itu,  LEGO juga mengembangkan seri mainan dengan thema thema karakter atau profesi tertentu yang juga ratusan atau bahkan ribuan jumlahnya. Dengan cerdik  mereka juga meluncurkan series yang berkaitan dengan film film yang ngehitz. Bisa dibayangkan kan bertapa banyak varian yang mereka miliki saat ini. Inovasi tidak berhenti disana, mereka juga mengembangkan cartoon series dan juga film layar lebar.Bahkan games juga mereka sentuh, entah itu games Playstation hingga di games di HP android.

Nah Kalau brand anda tidak ingin punah berinovasilah. Pantau selalu perilaku dan trend yang ada dan miliki selalu visi yang jauh kedepan, jadi bukan hanya memikirkan rencana untuk satu atau dua tahun saja, tetapi lima hingga 10 tahun kedepan (Coach Juli Nugroho - empowerment coach)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline