Lihat ke Halaman Asli

Marlistya Citraningrum

TERVERIFIKASI

Pekerja Millennial

Manfaatkan Fasilitas Online Check In!

Diperbarui: 26 Juni 2015   00:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Karier. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kalau teman-teman sering bepergian dengan menggunakan pesawat dan tidak mau repot datang pagi dan mengantri untuk check-in, manfaatkanlah fasilitas online check-in yang disediakan di situs penerbangan dan bandara. Tapi tidak ngefek untuk di Indonesia sih *sigh.

Biasanya kita harus datang minimal 3 jam sebelumnya di bandara dan check-in secara manual di konter yang seringnya mengantri. Demi kemudahan dan kenyamanan penumpang, hampir semua maskapai penerbangan sekarang menyediakan fasilitas online check-in yang bisa digunakan 2x24 jam sebelum penerbangan. Dengan fasilitas ini, kita tinggal memasukkan data diri dan informasi penerbangan (nomor tiket, jam terbang, tujuan, dsb), memilih seat, lalu sudah. Di hari H kita tinggal mengantri di konter khusus yang bertuliskan "online check-in" atau "baggage drop" dan tinggal nge-drop tas. Boarding pass pun bisa di-print sendiri, jadi sangat menghemat waktu.

(contoh online check-in interface Cathay Pacific)

Jika tidak sempat online sebelum hari H, di banyak bandara juga sudah banyak disediakan "online check-in kiosk", dimana kita bisa check-in sendiri dan juga nantinya tinggal nge-drop tas. Beberapa maskapai yang sudah saya tes fasilitas "online check-in"-nya dan lancar adalah Cathay Pacific dan Eva Airways. Cathay Pacific bahkan menyediakan SMS reminder untuk mengingatkan jam berapa pesawat kita berangkat. Saya sedikit mengalami kesulitan untuk online check-in ketika menggunakan Thai Airways dan Japan Airlines (akhirnya untuk yang Japan Airlines saya harus manual check-in karena pesawat saya code-shared flight). Ada beberapa batasan yang dijelaskan  di web masing-masing maskapai penerbangan, jadi sempatkan untuk membaca dulu.

Nah, sayangnya fasilitas ini nggak ngefek kalau di Indonesia (berdasar pengalaman terakhir kembali ke Indonesia). Tahun lalu, bulan Desember, saya menggunakan maskapai Cathay Pacific dengan rute Taipei-Hongkong-Jakarta (PP) dan mulus lancar online-check in dua hari sebelumnya. Di hari H, saya datang sedikit mepet ke Taiwan Taoyuan International Airport,  langsung nge-drop bagasi, nunggu sebentar, boarding. Saya berpikiran positif dong, bahwa di Indonesia juga akan sama (Soekarno-Hatta International Airport, gitu!). Eh tapiiii, sudah online check-in di web, sudah memilih seat (tapi memang tidak saya print sendiri boarding pass-nya), sampai di konter, ternyata semua sama rata, tidak ada konter khusus "baggage drop". Mana tahu sendiri kalau mengantri, orangnya menunggu entah dimana, yang ngantri porternya. Grrrrrr. Jadilah saya waktu itu yang memang datang sedikit mepet (karena ada keperluan lain, bukan sengaja), harus buru-buru check-in (LAGI), plus lari-lari ke gate yang jauhnya minta ampun. Hadeeuuuu.

Sayang sekali karena bahkan Shongshan Airport di Taipei (yang notabene bandara khusus untuk city-to-city flight dan domestik - bukan internasional) yang ukuran dan kuota penumpangnya sedikit pun menyediakan konter online check-in.

Saya jadi pengen jalan-jalan lagi *loh =D

Selamat pagi,

-Citra




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline