Lihat ke Halaman Asli

Chaerul Sabara

TERVERIFIKASI

Pegawai Negeri Sipil

Presidensi G20 dan Gaungnya yang Belum Menyentuh Rakyat Kecil

Diperbarui: 31 Juli 2022   23:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: kemlu.go.id 

Pagi tadi aku bersiap untuk menulis artikel event writing challenge G20 yang merupakan hari terakhir, belum sempat menulis tiba-tiba ada yang mengetuk pintu. Ketika pintu kubuka, ternyata Pak Ode begitu aku biasa memanggilnya.

"OhPak Ode, bagaimana Pak Ode ada apa?" tanyaku

"Begini Pak, kemarin saya lihat selokan yang biasa disuruh bapak untuk dibersihkan, sekarang sudah banyak sampah yang tertumpuk" jawab Pak Ode.

Aku memang sering meminta tolong kepada Pak Ode untuk membersihkan selokan di depan sebuah persil kosong yang di depannya dijadikan oleh orang-orang sebagai tempat membuang sampah, bukan saja dipinggirannya, tetapi hingga jatuh dan masuk ke selokan.

"Apa perlu saya bersihkan sekarang Pak? Lanjut Pak Ode

"Oh iya, dibersihkan sekarang saja Pak Ode" jawabku

Terpaksa maksud untuk menulis artikel aku batalkan, kebersihan lingkungan harus menjadi prioritas, apalagi kini hujan sudah semakin sering turun dan juga akan masuk bulan Agustus yang biasanya menyambut perayaan 17-an kebersihan lingkungan menjadi salah satu yang dipantau.

Begitulah, aku bersama seorang tetangga dan Pak Ode segera menuju ke lokasi, betul saja kondisi sampah yang menumpuk di selokan sudah demikian banyaknya.

"Heran juga, kenapa orang-orang ini tak punya perasaan membuang sampah seenaknya saja, tak bisakah mereka memanfaatkan ini agar menjadi sesuatu yang berguna, bikin orang lain susah saja" kataku

" Tapi, bagi saya ini berguna Pak, saya bisa dapat kerjaan untuk menambah penghasilan dari menarik becak yang sekarang sepi penumpang" Pak Ode menimpali sambil sedikit tertawa kecil.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline