Lihat ke Halaman Asli

Christie Damayanti

TERVERIFIKASI

Just a survivor

70 Persen Liburan di Jepang Banyak Dihabiskan dengan Menggunakan Kereta

Diperbarui: 12 Februari 2018   10:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

http://www.angloitalianfollowus.com

Kereta di Jepang sangat bersih, rapih dan nyaman, senyaman pesawat terbang .....

Traveling di Jepang, kita pasti menghabiskan 70% waktu bertransportasi adalah di dalam kereta. Seperti pada artikel2ku sebelumnya, kereta merupakan salah sati transportasi yang termurah, cepat dan nyaman, dibandingkan dengan jenis transportasi yang lain.

Jepang benar2 membangun sistim transporatsi kereta nya luar biasa! Dengan belasan (mungkin puluhan) jalur kereta (line), warga Jepang pun harus belajar dahulu untuk menuju ke sebuah tempat, jika mereka belum pernah ketempat itu. Mereka akan hafal untuk pindah2 kereta dan stasiun, jika mereka hidup dalam rutinitas nya.

Itu adalah warga Jepang, dengan kehidupan rutinitasnya, dan dengan bahasa serta tulisan cacingnya. Lau bagaimana dengan pendatang bahkan bagaimana dengan wisatawannya?

Tentu mereka harus serius mempelajarinya. Bukan hanya sistim transportasi keretanya, juga harus belajar untuk tahu tempat (karena nama tempat atau stasiunya pun susah untuk dilafalkan). Termasuk belajar untuk berkomunikasi, jika kita kesasar. Karena Jepang adalah salah satu Negara yang begitu bangga dengan bahasanya, serta porensi2 lokalnya, sehingga sebagian besar warga Jepang tidak mengert bahasa Inggris, termasuk petugas2 pemerintahannya.

Japan Railways (JR)

www.tripzilla.id

Jalur JR (Japan Railway) East Lines di Tokyo, begitu rumit. Belum lagi jalur2 di luar JR ini. Ada belasan bahkan puluhan jalur swasta, yang menghubungan banyak distrik dan area di Tokyo, yang tidak terhubung dengan jalur JR ini .....

***

JR East Company( Higashi-Nippon Ryokaku Tetsud Kabushiki-gaisha)adalah perusahaan penyedia jasa perkereta, berbasis kereta listrik (KRL) dan Shinkansen, terbesar di dunia. Sebagian, armada KRL ini dihibahkan kepada PT KAI Indonesia.(Wikipedia)

JR merupakan cara terbaik untuk menikmati sistim transportasi di Jepang, khususnya di Tokyo. Selain memang nyaman, JR juga sebuah sistim transportasi kereta termurah, ataupun jika dibandingkan dengan kereta di Indonesia, berlipat kali harganya.

Jalur besarnya, seperti sungai utamanya. Ada anak2 sungai, atau jalur yang kecil2, mungkin kita harus berpindah kereta untuk masuk ke distrik2 kecil di Tokyo. Konsep sistemnya hamper sama dengan konsep sistim MRT kereta dinegara lain, hanya saja tergantung dengan bentuk kotanya.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline