Lihat ke Halaman Asli

Budi idris

TERVERIFIKASI

Guru, Penulis Buku, Blogger inspiratif

Ada 3 Manfaat Sedekah yang Jarang Diketahui!

Diperbarui: 27 April 2022   10:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Al-Muhajirin_info.com

Sedekah itu ibarat menggali sumur, kita akan terus menikmati air bersihnya setiap hari.

Memasuki penghujung bulan Ramadhan tahun 2022 ini semoga semakin banyak amalan yang bisa kita lakukan diantaranya berbagi kepada orang yang membutuhkan atau bersedekah dengan apa yang kita miliki.

Sudahkah kita bersedekah hari ini...?, Apa yang kita sedekahkan...?, apakah kita sudah melihat saudara kita tetangga sekitar kita dalam keadaan baik-baik saja atau bahkan kita tidak mengetahui di saat kita berkecukupan ada orang-orang yang hidup memperihatinkan berjuang untuk mencari apa yang akan dimakan untuk hari ini. Semoga kita menjadi orang-orang yang peduli.

Sedekah adalah sesuatu yang kita berikan kepada orang lain secara sukarela dan ikhlas tanpa dibatasi oleh waktu dan jumlah tertentu. 

Banyak hal yang bisa kita sedekahkan seperti harta, ilmu yang bermanfaat, bahan makanan yang kita miliki bahkan sedekah yang paling mudah adalah tersenyum kepada orang lain.

Didalam Al Qur'an Surat Al Baqarah: 177 yang artinya berikut ini "Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah kebajikan orang yang beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan), dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan salat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji; dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan, dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya), dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa"

Dari ayat tersebut dijelaskan bahwa salah satu ciri orang beriman atau orang yang bertakwa kepada Allah adalah orang yang mau berbagi kepada orang yang membutuhkan.

Begitu banyak terdapat dalam Al Qur'an surat yang mengatur dan memerintahkan kita untuk bersedekah seperti yang terdapat pada surat diatas, itu artinya begitu penting dan banyak manfaat yang kita dapat jika kita melakukan sedekah.

Bersedekah hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang beriman tidak semua orang bisa bersedekah bahkan orang yang memiliki harta berlebih terkadang malas untuk bersedekah.

Padahal dari berbagai riwayat kita sudah mendapat pelajaran begitu banyak keajaiban yang muncul jika kita bersedekah. Banyak cerita di masa lampau orang yang bersedekah hidupnya akan semakin baik dari sebelumnya. Dengan kata lain tidak ada orang yang miskin di karenakan sedekah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline