Lihat ke Halaman Asli

Brasil Jumpa Peru di Final Copa America 2019

Diperbarui: 6 Juli 2019   09:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Boal yang akan digunakan pada Final Copa America 2019 sumber: Instagram @copaamerica

Tuan rumah Brasil akan memainkan laga final Copa America 2019 melawan Peru di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Brasil, Minggu (07/07/2019) waktu setempat atau Senin dinihari WIB. Brasil pertama kali mencapai partai final sejak 2007 dan pertama kalinya bagi Peru tembus partai final. Kedua tim pertama kali bertemu di final Copa America. 

Sebelumnya, kedua tim pernah bertemu pada babak fase grup. Brasil mampu menggilas Peru 5 gol tanpa balas. Akhirnya, Brasil mengakhiri fase grup sebagai juara  grup A, sedangkan Peru finis sebagai peringkat ke-3 terbaik dari 3 grup.

Brasil akan memanfaatkan momentumm baik di final Copa America 2019 ini. Dukungan publik yang akan memadati Stadion Maracana akan menjadi motivasi tambahan bagi anak asuhan Tite tersebut. Tim Samba berharap "tuah" baik Stadion Maracana saat bertanding di final. 

Seperti contohnya, saat menang 3-0 atas Spanyol di final Piala Konfederasi 2013 dan meraih medali emas olimpiade pertama di cabang sepakbola saat melawan Jerman. Tetapi, tak selamanya Maracana memberikan cerita manis partai final bagi tuan rumah Brasil. Pada final Piala Dunia 1950, Brasil takluk 1-2 dari Uruguay dan gagal meraih trofi Piala Dunia.

Brasil mengalami tren positif sejak babak fase grup hingga babak semifinal. Gawang Brasil juga belum mengalami kebobolan selama Copa America 2019. Sebaliknya, Peru tak mau mengulangi hal yang sama seperti saat pada babak fase grup. Peru ingin melanjutkan kejutan kepada tim unggulan, seperti Uruguay dan Chile. Peru singkirkan Uruguay lewat drama adu penalti dan mencukur juara bertahan Chile dengan skor 3-0. Brasil tak boleh anggap remeh Peru yang mengalami kebangkitan setelah kalah 5-0 dari Brasil. 

Selecao akan memanfaatkan apapun yang dimilkinya termasuk dukungan penonton. Sementara itu, Argentina akan menghadapi Chile untuk perebutan juara ke-3 yang akan digelar di Arena Corinthians, Sao Paulo, Brasil, Sabtu (06/07/2019) waktu setempat atau Minggu dinihari WIB. Laga ini adalah ulangan dari final Copa America tahun 2015 dan 2016. Kala itu, Chile menang lewat adu penalti. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline