Lihat ke Halaman Asli

Berta Niken

Niken adalah Guru di salah satu Sekolah di Provinsi Lampung

Tari Sekura Ragam Budaya dari Lampung

Diperbarui: 21 Agustus 2022   20:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tari Sekura dari Lampung Barat (Dok.Indonesia kaya)

Indonesia adalah Negara yang kaya akan berbagai Budaya yang sangat beragam dari Sabang sampai Merauke. Sebagai bagian dari rakyat Indonesia ini adalah hal yang sangat membanggakan terlebih semboyan Bhineka Tunggal Ika yang melandasi keragaman tersebut dijunjung tinggi oleh rakyat Indonesia.

Pada  Jambore Nasional 2022 di Cibubur baru-baru ini kontingen Lampung menampilkan tari Sekura yang merupakan salah satu Budaya kesenian dari Lampung. Pada masyarakat Lampung ada sebuah momen budaya yang ditunggu saat Lebaran bukan sekadar kuliner yang menggugah selera, namun ada juga seni topeng yang bernama Sekura yang rutin digelar menyambut hari raya Idul Fitri. Pesta sekura ini digelar menyambut Idul Fitri sebagai ungkapan atas rasa syukur dan suka cita menyambut datangnya hari suci umat Muslim.

Sekura merupakan jenis seni topeng yang berasal dari pesisir barat Lampung. Salah satu ragam budaya di Sumatera ini sudah berkembang sejak Kesultanan Banten masih memiliki pengaruh di sana. Sekura identik dengan penutup wajah terbuat dari kayu, kacamata, kain atau bahkan hanya cat warna-warni yang menghiasi wajah. Sebagai ciri khas, orang yang ber-sekura menggunakan busana dengan warna mencolok.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline