Lihat ke Halaman Asli

Benedikta DindaDian

Mahasiswa Fisip UAJY

Perjalanan Media Online di Malaysia

Diperbarui: 22 September 2020   12:35

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

source: Andrea Piacquadio dari Pexels 

Berada di zaman yang modern dengan perkembangan teknologi yang canggih, pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan kata internet.

Perkembangan internet di dunia semakin merambah ke berbagai bidang, khususnya media online. Kali kita akan keluar sedikit dari Indonesia, yaitu Malaysia! Untuk penjelasan yang lebih lanjut, yuk kita simak perkembangan internet sampai media online yang ada di Malaysia 

Perkembangan Internet di Malaysia dimulai pada tahun 1983 ketika Dr.  Mohamed Awang salah satu anggota Dewan Direksi OUM, memulai ide untuk menghubungkan Malaysia dengan dunia melalui Internet di laboratorium Universitas Malaya.  Saat itu, dia adalah seorang akademisi Fakultas Elektro / Elektronika Universitas Malaya.  

Dr.  Mohamed Awang membuat koneksi Internet yang sama pada akhir 1984, ketika dia ditempatkan di MIMOS. (Malaysian Institute of Microelectronic System).  Pembentukan MIMOS oleh pemerintah memberikan kesempatan bagi orang Malaysia yang paham IT untuk menghasilkan koneksi Internet yang lebih baik.

source: bangkom/facebook

Pada tahun 1989, Jaringan Komputer Malaysia (RangKoM) dengan fasilitas koneksi internasional didirikan oleh Dr.  Mohamed Awang. Proyek RangKoM tidak hanya memberikan pengalaman dalam hal pengembangan teknologi, tetapi juga telah mengungkapkan beberapa kelemahan, kekurangan dan juga potensi penggunaan teknologi jaringan komunikasi dan masalah manajemen terkait. 

Berdasarkan pengalaman tersebut, maka munculah program JARING (Joint Advanced Integrated Networking) . JARING telah diluncurkan pada tahun 1991 yang bertujuan untuk mengembangkan jaringan komunikasi negara secara terintegrasi dan lebih komprehensif.  

MIMOS mengoperasikan proyek jaringan JARING sebagai proyek pengembangan utama dalam Rencana Malaysia Keenam.  JARING, yang terkait dengan banyak lembaga penelitian dan akademik, serta lembaga pemerintah dan swasta di Malaysia, bertujuan terutama untuk mendukung kegiatan pendidikan, penelitian, dan komersial.  JARING juga terhubung ke jaringan Internet internasional.

source: IEE Malaysia Section

Pada tahun 1995, JARING memiliki fokus utamanya yaitu memperkuat jaringan JARING.

Di tahun ini juga,  jalur yang menghubungkan node di Penang dan Johor Bahru ditingkatkan dari 64Kbps menjadi 2.048Mbps.  Pada akhir 1995 pemasangan koneksi kedua ke Internet internasional. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline