Lihat ke Halaman Asli

Bang Auky

KBC 54|Kompasianer Brebes Jateng| Golet Jeneng Disit Mengko Jenang Teka Dewek

Apem Kinca, Masih Manis seperti yang Dulu

Diperbarui: 24 Maret 2020   09:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. Pribadi: Apem Kinca

Apem kuwe kecil yang terbuat dari beras, warnanya putih ataupun berwarna-warna. Rasanya ada yang tawar,  gurih dan manis dengan bungkus daun pisang atau janur.  Apem banyak dibuat untuk cemilan maupun untuk ritual acara adat.  Dari banyaknya jenis apem, yang ingin saya ulas adalah apem kinca. 

Apem Kinca seperti apem lainnya,  bentuknya bulat kecil dan rasanya tawar.  Sebagai pelengkap menikmatinya,  kucuarkan vla yang berwarna coklat diatas apem. Vla coklat ini terbuat dari gula merah,  kelapa parut , maizena dan pandan.  Perbaduan bahan-bahan ini diproses menjadi adonan agak kental, rasanya manis dan harum, namanya kinca. Jadi nama apem kinca diambil dari nama vla pelengkap apem.  Rasanya bikin lidah kita berhoyang-goyang minta nambah. 

Dok. Pribadi

Apem Kinca kini sudah jarang yang jual sehingga agak susah mendapatkannya. Tapi alhamdulillah hari ini bisa ketemu dengan kue ini yang favorit sejak dulu.  Setiap pulang ke rumah orang tua aku selalu menyempatkan ke pasar untuk beli.  Apem Kinca biasanya dijual berbarengan dengan kue lainnya seperti Cucur dan Jalabia.  (KBC-54|Kompasianer Brebes Jateng) 



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline