Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsafat Pajak (1)

Diperbarui: 24 Mei 2022   14:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Filsafat Pajak Philippe Nemo

Philippe Nemo berpendapat dalam Filsafat Pajak, jauh dari masalah teknis murni, secara implisit menentukan nilai-nilai yang sesuai dengan mana masyarakat beroperasi. Karena itu, ia ingin meninjau secara menyeluruh prinsip-prinsip perpajakan dari perspektif filosofis.

Filosofi perpajakan tidak lagi diperdebatkan. Titik tolak Philippe Nemo adalah kurangnya refleksi atas prinsip-prinsip dasar keadilan yang mendasari perpajakan. Di Prancis   di Jerman  kita tidak dapat lagi mempertanyakan keharusan redistribusi sejak 1945.

Kelas politik dan administratif, umumnya di Sciences Po, kemudian di ENA, dilengkapi dengan ideologis yang siap berpikir. Adapun kaum intelektual, baik ahli hukum, ekonom, maupun sejarawan tidak memperlakukan masalah perpajakan dari sudut pandang keadilan. "Peningkatan pungutan wajib, menurut Philippe Nemo, baik yang berasal dari Negara, pemerintah daerah atau organisasi Jaminan Sosial, telah dapat berlanjut sejak Perang Dunia Kedua tanpa menghadapi perlawanan intelektual" (Filsafat 'Pajak). 

 Dalam sejarah, prinsip-prinsip perpajakan hampir tidak berkembang dari Romawi ke Eropa abad ke-19: itu adalah masalah pembiayaan fungsi Negara, perang, keamanan publik, dan pekerjaan kepentingan umum. Tapi pilihan ideologis secara implisit telah merevolusi filosofi perpajakan sejak 1945. Mungkin dimensi mesianis yang melekat pada konsep Jaminan Sosial yang menjelaskan represi perdebatan intelektual. Philippe Nemo menyadari, bagaimanapun,  pertanyaan itu tampaknya muncul kembali dalam kesadaran Eropa karena tarif retribusi mendekati 50%.

Philippe Nemo, lahir 11 Mei 1949 di Paris, adalah seorang filsuf. Philippe Nemo adalah seorang profesor filsafat politik dan sosial di ESCP Eropa dan HEC Paris selama tiga puluh tahun, dan mendirikan pusat penelitian dalam filsafat ekonomi. Pada 2016, Philippe Nemo mendirikan cole professorale de Paris bersama enam akademisi lainnya,  & menjadi direkturnya.  

Philippe Nemo mengkhususkan diri dalam filsafat politik, bidang penelitiannya berkisar dari sejarah gagasan politik, terutama liberalisme, hingga masalah pendidikan, agama, dan estetika. Philippe Nemo  adalah penulis dari sekitar dua puluh buku, termasuk The Law Society menurut F. A. Hayek, What is the West? dan Sejarah Ide Politik di Zaman Kuno dan Abad Pertengahan.

Philippe Nemo Mengkritik Pajak.

Bagi Philippe Nemo, motivasi sebenarnya dari progresif  fiskal adalah kecemburuan, hasrat kolektif yang menyatukan para pengikutnya dengan kambing hitam, kelas orang kaya. Gairah ini, yang bersumber dari hati dan bukan di otak, sulit untuk dilawan.

Philippe Nemo menyarankan cara konstitusional untuk mengurangi kediktatoran mayoritas ini: memperbarui majelis parlemen dengan fraksi setiap tahun, yang akan memperlambat konsekuensi dari pergerakan opini yang tiba-tiba, yang menyebabkan kenaikan besar-besaran dalam pajak. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline