Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Media, Pengalaman Pribadi, dan Wilayah Publik

Diperbarui: 15 Februari 2020   01:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media, Pengalaman Pribadi, dan Wilayah Public |dokpri

Media Sosial, Pengalaman pribadi, dan Wilayah public

Perkembangan jejaring sosial atau aplikasi berbagi informasi online menjadikannya semakin populer di kalangan generasi muda. Mengambil WeChat di Cina sebagai contoh,   adalah aplikasi komunikasi instan dan cerdas yang memungkinkan pengguna untuk berbagi teks, suara, gambar, dan video berbagi pengetahuan bersama-sama. Namun dalam konteks "Media, Pengalaman Pribadi, dan Wilayah Public" diperlukan pemahaman pada gagasan Cicero harus ada pembatasan jelas antara "Res Publica, Res Privata";

Pada pertengahan abad pertama SM,  (pengadilan berdiri) adalah pengadilan utama di mana dakwaan pelanggaran terhadap res publica Romawi diadili. Tulisan-tulisan   negarawan Romawi dan orator M. Tullius Cicero adalah sumber utama   untuk argumen yang digunakan sebelum pengadilan ini sebagai relevan dengan penentuan  atas tuduhan yang diajukan kepada mereka.

Kasus-kasus maiestas (pengkhianatan) kadang-kadang menimbulkan pertanyaan hukum mengenai hubungan antara organ-organ yang berbeda dari res publica, tetapi Cicero berpendapat   kasus-kasus seperti itu   menuntut pengadilan untuk memutuskan apakah terdakwa telah bertindak melawan kepentingan res publica dengan merujuk pada substantive dan pertimbangan kebijakan.

Cicero berpendapat  pertimbangan kepentingan publik yang luas harus dipertimbangkan dalam kaitannya dengan pelanggaran lain yang diadili.  Karena itu, pelaku res publica pada konteks  modern tentang aturan hukum dan etika public dengan wilayah private.  

Fenomena pada aplikasi WeChat menawarkan fungsi bagi individu untuk memposting Moments , menyediakan platform blogging mikro seperti Twitter, yang dikenal sebagai Pengyou Quan dalam bahasa Mandarin, di mana individu dapat berbagi teks, gambar, berita, artikel, musik, video kecil, dan data lokasi.

Pengguna dapat mengatur privasi Moments untuk mengontrol arus informasi di WeChat, dan hanya mereka yang termasuk dalam Pengyou Quan yang dapat mengomentari atau menyukai posting orang lain (yaitu, Moments mereka), sedangkan kontak lain di WeChat tidak bisa.

Sebagai aplikasi berbasis seluler, WeChat memungkinkan pengguna untuk memberikan komentar dan umpan balik secara tepat waktu.

Tingkat penetrasi WeChat diatur untuk mencapai sembilan puluh tiga persen di kota-kota tingkat pertama China, sementara enam puluh persen penggunanya berasal dari generasi yang lebih muda, mulai dari lima belas hingga dua puluh sembilan tahun; Hanya lima tahun setelah didirikan, ia memiliki lebih dari 927 juta pengguna terdaftar dan 700 juta pengguna aktif bulanan;

WeChat memfasilitasi impor langsung daftar kontak dari kontak telepon atau perangkat lunak lain. Selain itu, fungsinya seperti Shake, People Nearby, dan Message in a Bottle memungkinkan pengguna untuk membangun jaringan dengan orang asing, sehingga memperluas cakupan berbagi informasi mereka.

Dengan demikian, pengguna WeChat membuat, bertukar, dan mendistribusikan sejumlah besar berbagai jenis informasi. Dalam penelitian ini, kami mengeksplorasi bagaimana sifat-sifat kepribadian individu mempengaruhi wilayah public;

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline