Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Tulisan ke 52 Hadiah Nobel Bidang Sastra 1969 Samuel Beckett

Diperbarui: 18 September 2019   01:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Tulisan ke 52   Hadiah Nobel bidang Sastra 1969  Samuel Beckett

Tidak ada kuliah yang disampaikan oleh Samuel Beckett.

Lahir: 13 April 1906, di Dublin, Irlandia dan Meninggal: 22 Desember 1989
Paris, Prancis adalah  Novelis Irlandia, penulis naskah drama, dan penyair

Samuel Beckett, novelis Irlandia, penulis naskah drama, dan penyair adalah salah satu penulis paling orisinal dan penting abad kedua puluh, memenangkan Hadiah Nobel dalam Sastra pada tahun 1969.

Kehidupan awal di Irlandia, Samuel Beckett lahir di Dublin, Irlandia, pada 13 April 1906, dari orang tua kelas menengah, William dan Mary Beckett. Mary Beckett adalah seorang istri dan ibu yang berbakti, yang menghabiskan waktu baik dengan kedua putranya baik dalam pelatihan dan hobi. Ayahnya berbagi kecintaannya pada alam, memancing, dan golf dengan anak-anaknya. Kedua orang tua adalah Protestan yang ketat dan berbakti.

Tahun kesepuluh Beckett datang pada saat yang sama dengan Pemberontakan Paskah pada tahun 1916 (awal perang saudara Irlandia untuk kemerdekaan dari kekuasaan Inggris). Ayah Beckett membawanya untuk melihat Dublin terbakar. Sementara itu, Perang Dunia I (1914--18) telah melibatkan pamannya, yang berperang dengan tentara Inggris. Inilah pasangan dari pertentangan pada usia dini: Beckett menulis tentang masa kecilnya sebagai yang bahagia, namun berbicara tentang "ketidakbahagiaan di sekitarku."

Dia belajar cepat, mempelajari bahasa Prancis pada usia enam tahun. Dia menghadiri sekolah asrama Portora Royal di Enniskillen, County Fermanagh, Irlandia, di mana ia terus unggul dalam bidang akademik dan menjadi juara tinju kelas berat. Dia juga menyumbangkan tulisan ke koran sekolah. Orat-oret awalnya adalah wanita pengemis, gelandangan, dan gelandangan. Anak sekolah sering menyebut dia murung dan menarik diri.

Pada 1923 ia memasuki Trinity College di Dublin untuk berspesialisasi dalam bahasa Prancis dan Italia. Catatan akademiknya sangat terkenal sehingga setelah menerima gelarnya pada tahun 1927, ia dianugerahi jabatan dua tahun sebagai dosen (asisten) dalam bahasa Inggris di cole Normale Suprieure di Paris, Prancis.

Di Prancis, Beckett segera bergabung dengan kelompok informal di sekitar penulis Irlandia. Joyce (1882--1941) dan diundang untuk menyumbangkan esai pembuka untuk pembelaan dan penjelasan tentang Joy Finnegans Wake yang masih belum selesai (1939). Beckett juga pindah ke lingkaran sastra Prancis. Selama kunjungan pertamanya di Paris, ia memenangkan hadiah untuk puisi terbaik tentang masalah waktu. Whoroscope (1930) adalah karya pertamanya yang diterbitkan secara terpisah dan menandai awal minat seumur hidupnya dalam tema waktu.

Beckett kembali ke Dublin pada tahun 1930 untuk mengajar bahasa Prancis di Trinity College. Selama tahun itu ia mendapatkan gelar Master of Arts. Setelah beberapa tahun berkeliaran di Eropa menulis cerita pendek dan puisi dan dipekerjakan di pekerjaan sampingan, ia akhirnya menetap di Paris pada tahun 1937.

Novel pertama dan cerita pendek.Lebih banyak Pricks daripada Kicks (1934), volume cerita pendek berasal, sebagian, dari novel Dream of Fair hingga Middling Women (1993) yang tidak diterbitkan, menceritakan episode-episode dari kehidupan Belacqua. Belacqua, mirip dengan karakter semua pahlawan masa depan Beckett, menjalani apa yang disebutnya "jeda Beethoven," saat-saat ketiadaan di antara musik. Tetapi karena apa yang terjadi sebelumnya dan yang mengikuti kehidupan manusia di dunia (yaitu, keabadian) bukanlah apa-apa, maka hidup juga (jika ada kesinambungan) harus menjadi ketiadaan yang darinya tidak ada jalan keluar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline