Lihat ke Halaman Asli

APOLLO_ apollo

Lyceum, Tan keno kinoyo ngopo

Filsfat Seni Mimesis [27]

Diperbarui: 13 Desember 2018   13:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Filsafat Seni Mimesis (Aesthetics) [27]

Filsafat Seni: Socrates, Platon  dan Aristotle. Sokrates yang meletakkan pertama dari estetika (sebelum nama ini diberi nama). Dalam perdebatan antara Sokrates dan Happias Sokrates meminta ide keindahan "gagasan umum" yang menyebutkan semua barang indah menjadi indah, Sokrates tidak menanyakan apa yang bersifat indah. 

Happias menambahkan sendokpun bisa jadi indah, akan tetapi kita tidak dapat mengartikan sama cantiknya seperti benda dan wanita. Sokrates memberi tambahan kepada perkataan Happias: "memang Heraklatus pernah mengatakan kera yang tercantik, jika dibandingkan dengan manusia maka masih jelek. Demikian gadis cantik, bukan apa-apa kalau dibandingkan dengan bidadari dari sorga, sebagaimana orang yang paling arif bijaksan.

Estetika dalam bahasa Yunani aisthetika yang berarti kemampuan melihat sebuah benda dengan penginderaan.Dapat pula diartikan dengan hal-hal yang dapat diserap oleh panca indera.Maka sering pula disebut sebagai persepsi indera (sense of perception). Estetika merupakan salah satu cabang filsafat. Secara sederhana dapat ditarik kesim[ulan  makna dari estetika sendiri ialah cabang ilmu yang membahas tentang keindahan, bagaimana bisa terbentuk, dan bagaimana seseorang bisa merasakannya.

Platonn's Aesthetics.  Platonn membuat model seni sebagai Mimesis   sebuah proses peniruan. Mimesis ada di dalam diri setiap manusia sehingga proses peniruan ini juga menjadi proses terciptanya budaya. Secara sistematis, Mimesis terjadi karena kita menjadikan orang lain sebagai episteme. Pada Buku Republik 2,3 dan 10 Platonn. Pandangan Platonn mengenai mimesis sangat dipengaruhi oleh pandangannya mengenai konsep Idea-idea yang kemudian mempengaruhi bagaimana pandangannya mengenai seni.

Jika estetika adalah penyelidikan filosofis ke dalam seni dan keindahan (atau pengganti kontemporer untuk keindahan, misalnya nilai estetika), fitur mencolok dari dialog Platon adalah  ia mencurahkan waktu sebanyak yang dilakukannya untuk kedua topik dan memperlakukan mereka secara berlawanan. Seni, sebagian besar sebagaimana diwakili oleh puisi, lebih dekat pada bahaya terbesar daripada fenomena lain yang dibicarakan Platon, sementara keindahan mendekati kebaikan terbesar. Mungkinkah ada yang namanya "estetika Platon" yang mengandung kedua posisi itu?

Bagi orang yang berpikiran literal, frasa "estetika Platon" merujuk pada kemustahilan, mengingat  bidang filsafat ini baru saja diidentifikasi dalam beberapa abad terakhir. Tetapi bahkan mereka yang mengambil estetika secara lebih luas dan mengizinkan istilah itu mungkin menemukan sesuatu yang eksploratif dalam perawatan seni dan kecantikan Platon. Dia mungkin paling tepat digambarkan sebagai mencari untuk menemukan kosakata dan masalah estetika. Karena alasan inilah, para pembaca Platon tidak akan menemukan satu pun teori estetik dalam dialog. Untuk alasan yang sama mereka secara unik terletak untuk menyaksikan konsep-konsep inti estetika yang didefinisikan: kecantikan, imitasi, inspirasi .

Subjek panggilan untuk perawatan. Jika terus menerus dicatat oleh filsuf-filsuf kemudian, Platon juga telah berulang kali digambar ulang. Cliches menyertai namanya. Hal ini layak dilakukan secara perlahan-lahan melalui topik utama estetika Platon - bukan dalam mencari beberapa teori yang mengejutkan, tidak seperti apa pun yang telah dikatakan, tetapi agar bayangan dan perincian latar belakang bisa muncul, sebagai akibatnya yang mungkin menyerupai sinopsis kebiasaan pemikirannya. sebagai wajah manusia menyerupai pengurangan kartun itu.

Berikut ini, kutipan untuk bagian dalam Platon menggunakan "Model stephanus pada halaman indeks nomor." Ini didasarkan pada edisi abad keenam belas karya Platon. Nomor halaman dalam edisi itu, bersama dengan huruf a-e, telah menjadi standar. Hampir setiap terjemahan Platon mencakup nomor halaman dan huruf Stephanus di pinggiran, atau di bagian atas halaman. Dengan demikian, " Simposium 204b" mengacu pada bagian singkat yang sama di setiap edisi dan setiap terjemahan dari Platon dan sudah saya tulis di artikel.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline