Lihat ke Halaman Asli

Bachrudin

Supervisor Bisnis PT BPR Serang (Perseroda)

Dengan Rebranding Diharapkan Dapat Meningkatkan Minat Beli Produk AQUA Japan

Diperbarui: 20 Desember 2022   20:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

"Dengan Rebranding Diharapkan Dapat Meningkatkan Minat Beli Produk AQUA Japan"

Oleh : Bachrudin¹ & Basrowi²

¹Mahasiswa MM Uniba, ²Dosen MM Uniba, 

Banten Indonesia 

Niat beli merupakan bagian dari unsur perilaku sikap konsumen. Minat beli juga merupakan bagian dari komponen perilaku responden yang bertujuan untuk mempengaruhi kebiasaan konsumsi terlebih dahulu sebelum melakukan keputusan pembelian. Jika mereka tertarik untuk membeli lagi, maka niat pembelian didasarkan pada pengalaman belanja aktif yang mereka miliki di masa lalu. Pentingnya mengukur motivasi pembelian untuk menentukan keinginan pengguna, pelanggan setia, atau meninggalkan suatu produk atau jasa. Pengguna yang senang dan puas akan mempertimbangkan untuk membeli kembali produk atau jasa apapun, baik berupa barang maupun jasa. Oleh karena itu, minat beli penting untuk penelitian.  

Perilaku pembelian konsumen bukanlah masalah kecil. Pemasar sendiri pada dasarnya menghadapi fokus utama pemasaran, bahwa pemasar terlebih dahulu memahami konsumen, kemudian produk yang ditawarkan pada tahap ini lebih banyak dari permintaan konsumen. Hal ini tentu saja meningkatkan persaingan di perusahaan sejenis. Di sisi lain, bisnis kompetitif adalah bisnis di mana konsumen dapat memperoleh produk dan layanan. Meskipun tujuan bisnis adalah untuk menarik dan mempertahankan pelanggan. Pemasar sendiri harus mampu menciptakan pengguna yang setia bagi perusahaan. Konsumen yang loyal memiliki dampak yang sangat besar bagi kelangsungan suatu bisnis. 

Beberapa faktor mempengaruhi keinginan pengguna untuk membeli suatu produk. Studi kasus “Bintang Satu Jakarta Pusat” digunakan dalam implementasi harga pembelian minat beli dan hasilnya adalah menemukan harga yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pengguna. Minat untuk membeli suatu produk dapat dipengaruhi orang lain yang dipercaya oleh calon pengguna. Pengguna mungkin juga ingin berbagi informasi tentang produk yang telah mereka terima melalui iklan, pengalaman mereka menggunakannya, dan kebutuhan mendesak mereka. 

Konsumen yang tertarik untuk membeli suatu produk dipengaruhi oleh informasi yang mereka terima, sehingga penilaian mereka terhadap produk tergantung pada pengetahuan mereka tentang keefektifan produk yang sebenarnya. Membeli sebenarnya tujuan akhir konsumen dan ekspresi mental konsumen yang mencerminkan rencana untuk membeli produk dan merek tertentu. Sanyo adalah merek peralatan rumah tangga yang telah beroperasi di Indonesia selama 45 tahun. Namun secara resmi di bulan November 2015 digantikan oleh merek AQUA. Kini AQUA Home Appliances resmi hadir di Indonesia. Direktur Eksekutif AQUA Brand Asia Tenggara Kenji Sadayuki mengatakan sejak kehadirannya di Indonesia pada tahun 1970, perusahaan telah membawa yang terbaik dari Jepang ke Indonesia dengan meluncurkan AQUA. 

Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan generasi baru di Indonesia. Perusahaan telah berkembang pesat sebagai salah satu perusahaan asing terbesar yang berinvestasi di Indonesia dan salah satu merek elektronik domestik pertama dari Jepang yang mendirikan pabrik dan beroperasi di Indonesia. Perusahaan telah aktif di negara ini selama 45 tahun. Bersama dengan AQUA, kegiatan di Indonesia diharapkan menjadi market growth triggers untuk pertumbuhan di Asia Tenggara. Sebagai produk elektornik rumah tangga, AQUA awalnya diluncurkan di Jepang pada tahun 2012 dan sukses. Dalam waktu singkat, AQUA langsung menjadi salah satu brand dengan pertumbuhan tercepat. 

Setelah terjadi perubahan nama dari Sanyo menjadi AQUA Japan pada November 2015 yang ditujukan untuk distributor, salah satu brand elektornik rumah tangga terbesar di Jepang, AQUA Japan, mempercepat ekspansinya dan siap bersaing di Indonesia. Dengan teknologi dan kualitas Jepang, AQUA Japan menghadirkan inovasi terbarunya di pasar elektronik rumah tangga diantaranya Kulkas Slim Beauty 2, Set Mesin Cuci Hijab dan Handy Wave (mesin cuci tangan) dan Air Washing Machine (mesin cuci tanpa air). Kulkas Slim Beauty 2 adalah kulkas satu pintu dengan laci di kompartemen freezer. Di bagian bawah Slim Beauty 2 terdapat tempat tanpa pendingin (dry box). Sekaligus, seri AQUA Japan Hijab merupakan inovasi mesin cuci dengan keunggulan khusus yaitu berupa laundry khusus hijab. Mencuci hijab seri AQUA Japan dapat membersihkan hijab secara menyeluruh tanpa khawatir merusak hijab.

Selain itu, AQUA Japan memperkenalkan mesin cuci berukuran kecil pertama yang berukuran telapak tangan sebagai bagian dari produk gaya hidup terkini yang mudah dibawa dan digunakan untuk menghilangkan noda pada pakaian. Di tahun 2015, AQUA Japan akan fokus pada pemasaran dan komunikasi pasar melalui periklanan, juga meningkatkan visibilitas konsumen di saluran penjualannya. Andre Taulany, aktor dan komedian berbakat Indonesia serta pengguna setia produk Aqua Japan, diperkenalkan sebagai brand ambassador AQUA Japan. “Saya pelanggan setia AQUA Japan karena saya percaya dengan kualitas dan teknologi Jepang. Selain kualitasnya yang tinggi, produk AQUA Japan juga sangat mudah digunakan dan mudah dirawat. Makanya saya bangga menjadi bagian dari keluarga besar AQUA Japan,” kata Andre. 

Saat ini, AQUA Japan memiliki 17 kantor cabang dan perwakilan serta lebih dari 344 kantor layanan resmi di Indonesia didukung oleh lebih dari 450 karyawan yang berkualitas. Selama ini AQUA Japan telah memperkuat pasar Jawa dan perlahan-lahan berekspansi ke Sumatera dan tentu saja lebih jauh ke Kalimantan dan Sulawesi. Seperti diketahui, pandemi Covid-19 telah berlangsung di Indonesia selama lebih dari satu setengah tahun. Dampak pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi perkembangan dunia usaha dan industri. Salah satunya dalam bisnis produk elektronik rumah tangga. Penerapan pembatasan kegiatan masyarakat di hampir seluruh wilayah Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi industri elektronik. 

Dalam situasi tersebut, produsen elektronik dalam negeri AQUA Japan menerapkan strategi menyesuaikan aktivitas perusahaan dengan kondisi pandemi Covid-19. AQUA Japan sebagai salah satu merek produk elektronik terbesar terus berinovasi di tengah pandemi Covid-19 agar konsumen di Indonesia dapat terus mempercayainya. “Indonesia saat ini sedang melakukan pembatasan aktivitas masyarakat yang berdampak pada perekonomian, termasuk industri elektronik. Ini merupakan tantangan bagi kami, namun AQUA Japan tidak berhenti berinovasi. Produk kami terus disesuaikan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, yaitu produk dan fungsi yang berorientasi pada kesehatan. Komitmen kami adalah terus berinovasi untuk semua orang guna mendukung kesehatan pikiran, tubuh dan jiwa konsumen,” kata Kenji Sadayuki, Presiden Direktur AQUA Japan Indonesia.

Kemampuan memperkenalkan berbagai inovasi produk elektronik rumah tangga berkualitas tinggi membuat AQUA Japan semakin digemari konsumen Indonesia. Setiap tahunnya penjualan merek Negeri Sakura ini mengalami peningkatan. AQUA Japan juga sering diakui dengan berbagai penghargaan terkait inovasi dan brand awareness di Indonesia. Inovasi menjadi kata kunci bagi produk AQUA Japan yang semakin dipercaya oleh konsumen Indonesia. AQUA Japan selalu terus berinovasi terhadap produk dan memberikan layanan berdasarkan konsumen. Optimalisasi penggunaan media digital AQUA Japan meningkatkan popularitas merek. Inovasi terus dilakukan dengan selalu memasarkan produk-produk yang dibtutuhkan konsumen. Misalnya pada kategori lemari es, mereka memasarkan lemari es dengan kapasitas besar, fitur teknologi yang berbeda, desain yang elegan dan harga yang bersaing.    

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline