Lihat ke Halaman Asli

Bengkulu

Diperbarui: 29 September 2022   19:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pada kesempatan ini saya akan mendeskripsikan tentang Kota Bengkulu. Bengkulu terletak di Provinsi Bengkulu. Bengkulu merupakan salah satu kota besar yang terdapat di pulau Sumatera. Bengkulu memiliki bunga yang diklaim sebagai bunga terbesar di dunia yaitu Rafflesia Arnoldi yang merupakan tumbuhan parasit obligat. Bunga ini dikatakan sangat unik karena hanya berupa bunga mekar tanpa daun, akar dan tidak memiliki batang. Karena itulah Bengkulu juga dijuluki sebagai Bumi Rafflesia.  

Di kota bengkulu juga terdapat rumah Soekarno dengan istrinya yang bernama Fatmawati ketika Soekarno diasingkan oleh belanda selama 4 tahun. Sekarang rumah tersebut dijadikan sebagai tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh semua orang. Di kota Bengkulu juga terdapat pantai yang sangat panjang bernama Pantai Panjang. Pantai Panjang terletak sekitar 4 kilometer dari pusat kota. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 7 kilometer dan lebar sekitar 500 meter. 

Pantai ini setiap harinya banyak dikunjungi oleh pengunjung baik dari bengkulu maupun luar bengkulu. Namun, pantai ini kurang akan perawatan dan perhatian dari pemerintah. Sehingga, pantai ini tidak berkembang dan area sekitar lumayan banyak sampah berserakan. Bengkulu juga masih memiliki banyak wilayah perhutanan. Di Kota Bengkulu juga terdapat Benteng peninggalan pasukan Inggris yaitu Benteng Marlborough. 

Benteng ini terletak tidak jauh dari pusat Kota Bengkulu. Bengkulu memiliki banyak seni kerajinan. Seni kerajinan yang terdapat di Bengkulu yaitu seni pahat, seni batik, dan seni ukir. Salah satu contoh seni kerajinan yang paling terkenal di Bengkulu adalah kain Besurek. Kain Besurek biasanya dijual di toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Bengkulu. Masih banyak lagi hal-hal indah yang terdapat di Bengkulu.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline