Lihat ke Halaman Asli

MIFTAHUDIN

Berusaha menjadi lebih baik

Belajar Setir Mobil

Diperbarui: 30 Maret 2020   16:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

DokPri

Sudah lama teman saya ini berkeinginan belajar mengemudi mobil. Namanya Amir, teman saya dulu waktu Mts. Kebetulan hari ini kita sama-sama free. 

Setelah berhubungan lewat WA, akhirnya disepakati akan belajar di islamic centre Brebes. Karena disana tempatnya luas dan biasanya banyak juga yang belajar mobil disana.

Langkah pertama dalam belajar mobil adalah beradaptasi dengan si mobil tersebut. Kita duduk dulu dikursi kemudi. Rasakan, lihat kanan kiri, lihat pandangan kedepan belakang. 

Setelah itu, mempelajari secara dasar fungsi-fungsi yang ada di balik kemudi. Mulai dari tombol lampu-lampu, lingkar kemudi, pedal-pedal, rem tangan, tuas persleneng. Mencoba meninjak pedal kopling sekalian memasukan gigi 1 sampai parkir. 

Kalau dirasa sudah bisa langkah selanjutnya adalah mencoba menstarter mesin mobilnya. Sebelum menstarter jangan lupa untuk mengecek posisi tuas persleneng diposisi netral.

kalau suap, nyalakan mesin. Tangan kanan posisi di angka jarum jam 3. Tangan kiri megang persleneng bersiap memindahkan gigi satu diawali dengan kaki kiri menginjak pedal kopling. Kaki kanan bersiap saja di pedal rem. Pedal gas sementara dibiarkan saja. 

Angkat perlahan kaki kiri (pedal kopling), sampai dirasa mobil mulai berjalan. Tangan kiri memegang setir diposisi jarum jam 9.

Pandangan kedepan, kaki kiri lepas pedal dan diistirahatkan saja. Kaki kanan tetap siap di pedal rem. Tanpa digas pun mobil akan berjalan sendiri.

Berjalan pelan saja. Belajar awal yang terpenting sudah bisa melajukan mobil dan melemaskan tangan untuk belok kanan atau kiri.

Kalau dalam melepaskan pedal kopling sudah halus, dan mesin mobil tidak mati maka itu artinya sudah lulus tahap awal. Tahap selanjutnya belajar parkir, mundur, naik turun, berhenti ditanjakan dan lain sebagainya. 

Pelajaran hari ini dirasa cukup. Apa yang saya sampaikan diatas pasti berbeda dengan cara sahabat. Silahkan ditambahi di kolom komentar yah.





BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline