Mohon tunggu...
Miftahudin
Miftahudin Mohon Tunggu... Berusaha menjadi lebih baik, KBC - 17

Guru ganteng yang murah senyum dan suka belajar menulis.

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Belajar Setir Mobil

30 Maret 2020   13:12 Diperbarui: 30 Maret 2020   16:19 19 0 0 Mohon Tunggu...

Sudah lama teman saya ini berkeinginan belajar mengemudi mobil. Namanya Amir, teman saya dulu waktu Mts. Kebetulan hari ini kita sama-sama free. 

Setelah berhubungan lewat WA, akhirnya disepakati akan belajar di islamic centre Brebes. Karena disana tempatnya luas dan biasanya banyak juga yang belajar mobil disana.

Langkah pertama dalam belajar mobil adalah beradaptasi dengan si mobil tersebut. Kita duduk dulu dikursi kemudi. Rasakan, lihat kanan kiri, lihat pandangan kedepan belakang. 

Setelah itu, mempelajari secara dasar fungsi-fungsi yang ada di balik kemudi. Mulai dari tombol lampu-lampu, lingkar kemudi, pedal-pedal, rem tangan, tuas persleneng. Mencoba meninjak pedal kopling sekalian memasukan gigi 1 sampai parkir. 

Kalau dirasa sudah bisa langkah selanjutnya adalah mencoba menstarter mesin mobilnya. Sebelum menstarter jangan lupa untuk mengecek posisi tuas persleneng diposisi netral.

kalau suap, nyalakan mesin. Tangan kanan posisi di angka jarum jam 3. Tangan kiri megang persleneng bersiap memindahkan gigi satu diawali dengan kaki kiri menginjak pedal kopling. Kaki kanan bersiap saja di pedal rem. Pedal gas sementara dibiarkan saja. 

Angkat perlahan kaki kiri (pedal kopling), sampai dirasa mobil mulai berjalan. Tangan kiri memegang setir diposisi jarum jam 9.

Pandangan kedepan, kaki kiri lepas pedal dan diistirahatkan saja. Kaki kanan tetap siap di pedal rem. Tanpa digas pun mobil akan berjalan sendiri.

Berjalan pelan saja. Belajar awal yang terpenting sudah bisa melajukan mobil dan melemaskan tangan untuk belok kanan atau kiri.

Kalau dalam melepaskan pedal kopling sudah halus, dan mesin mobil tidak mati maka itu artinya sudah lulus tahap awal. Tahap selanjutnya belajar parkir, mundur, naik turun, berhenti ditanjakan dan lain sebagainya. 

Pelajaran hari ini dirasa cukup. Apa yang saya sampaikan diatas pasti berbeda dengan cara sahabat. Silahkan ditambahi di kolom komentar yah.


VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x