Lihat ke Halaman Asli

Aura Zanzabila Zahra

Majalengka, 17 Juli 1998

KKN Tematik UPI Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan

Diperbarui: 29 Juli 2021   21:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen pribadi

Selama pandemi Covid-19, pemerintah telah menerapkan kebijakan terutama dalam bidang pendidikan untuk dilaksanakan secara daring. Sistem pembelajaran yang dilaksanakan secara daring menjadi tuntutan dan tantangan tersendiri bagi guru untuk memberikan materi ajar kepada siswa agar mencegah ketertinggalan siswa dalam belajar. 

Proses belajar mengajar secara daring memiliki beberapa keterbatasan yang tentu tidak dapat dihindari baik oleh guru maupun oleh siswa sendiri. 

Seperti halnya guru yang memiliki keterbatasan dalam menggunakan teknologi sehingga memilih untuk menggunakan media online yang biasa dan mudah digunakan seperti aplikasi WhatsApp. 

Keterbatasan mengenai teknologi juga dirasakan oleh siswa serta orang tua siswa yang memiliki peran sebagai pengganti guru di rumah. Siswa yang masih awam dengan media online lain yang lebih baik dalam mengakomodasi proses belajar mengajar menjadi salah satu kendala mengapa proses belajar mengajar daring masih kurang maksimal.

Salah satu program dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah mendampingi siswa belajar secara daring sebagai upaya membantu guru dalam memberikan pendampingan belajar secara daring dengan memanfaatkan media online  seperti Zoom Meeting.

Pendampingan belajar dilakukan kepada siswa kelas 6 SDN Tegalsari II. Selama proses pendampingan secara daring, siswa antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. 

Mereka juga lebih leluasa bertanya secara langsung mengenai bahasan yang kurang dipahami. Begitu pula dengan kesulitan dalam mengerjakan tugas karena kurangnya pemahaman terhadap soal-soal yang harus dikerjakan. 

Beberapa kendala selama proses pendampingan secara daring juga tidak dapat dihindari seperti koneksi internet yang kurang stabil, keterbatasan kuota, kurangnya pengetahuan siswa tentang bagaimana cara menggunakan Zoom Meeting, dan lain sebagainya sehingga proses pendampingan menjadi sedikit terhambat. 

Maka dari itu, untuk meminimalisir ketertinggalan siswa akibat kendala-kendala tersebut, maka materi yang dijelaskan melalui Zoom Meeting diteruskan melalui aplikasi WhatsApp sehingga siswa dapat mempelajarinya kembali.

Pendampingan belajar siswa secara daring merupakan salah satu program KKN yang diselenggarakan oleh UPI dengan tujuan untuk membangun desa melalui bidang pendidikan serta sebagai upaya mencegah penyebaran virus Covid-19 yang bisa saja terjadi dalam lingkungan pendidikan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline