Lihat ke Halaman Asli

Audy Jo

Dreamer

Etnis Hakka di Mana?

Diperbarui: 29 Juli 2021   20:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Canva By. Audy Jo

"Hakka Proud People With The Rich Culture."

Penasaran? Ada apa dengan Hakka?

Kebiasaan itu suka menular. Percaya enggak?

Pada masa Pandemi seperti ini Televisi menjadi satu-satunya media penghubung dengan dunia luar.  Enggak usah jauh terbang melintasi benua untuk mengetahui keadaan di sana.

Kebiasaan menonton menjadi salah satu tambahan jadwal di banyak jadwal lainnya. Pilihan program tetap harus dipilih lebih mendidik.

Enggak anti juga sih sama sinetron. Cuma lagi malas saja melihat penderitaan orang di televisi. Karena diri sendiri juga belum lepas rasa galaunya karena dikurung di rumah terus. Ah jangan tambah penderitaanku melihat masalahmu. Hihihi. Padahal ... nonton drama mandarin sama drama korea pilihan masih jalan terus. Pssst ... jangan bilang doi yaa!

Jadwal menonton sama doi biasanya jam makan siang atau pas lagi kosong aja jadwal menulisnya. 

Eits ... nulis di mana saja bisa kan ada gadget canggih jadi pegangan buat cari uang. Jadi sambil nonton bisa dong lihat bisnis yang sedang jalan.

Terpana lihat program keren di televisi. Seperti terbuka mata. Oh ada etnis lain dengan peradapan berbeda. 

Pemukiman Hakka  di Taiwan. Etnis Hakka Taiwan disebut Liudui. Program Televisi ini bercerita mengenai sejarah budaya, makanan, arsitektur.

Hakka adalah salah satu kelompok Tionghoa Han yang terbesar di Republik Rakyat Tiongkok. Hakka merupakan kelompok Han terakhir yang bermigrasi ke selatan dari Tiongkok Utara secara bertahap semenjak abad ke-4 M dikarenakan bencana alam, perang dan konflik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline