Lihat ke Halaman Asli

Atika Rahma Nur Ramadhani

Mahasiswi S1 Ekonomi Syariah Universitas Alma Ata

Pentingnya Menganalisis Perumusan Strategi dalam Berbisnis!

Diperbarui: 15 April 2021   08:27

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Nama     : Atika Rahma Nur Ramadhani

Prodi       : Ekonomi Syariah

Kampus : Universitas Alma Ata

Pearce dan Robinson (2008: 299) menjelaskan dalam buku Strategic Management bahwa analisis SWOT (kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman) adalah metode sistematis untuk mengidentifikasi faktor (internal dan eksternal). Analisis tersebut didasarkan pada asumsi bahwa strategi yang efektif akan memaksimalkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan dan ancaman. 

Di bawah ini beberapa faktor internal dan eksternal yang perlu kita ketahui untuk memaksimalkan kekuatan dan  peluang bagi perusahaan. Apa saja?

A. Faktor internal analisis SWOT: 

1. Keunggulan

sumber daya (keuangan, tenaga kerja, energi, mesin, bangunan, dll.), Keterampilan atau keunggulan unik yang dimiliki oleh individu atau organisasi lain. Kekuatan atau power disebut juga dengan unique core.

2. Kelemahan

Adanya keterbatasan atau kekurangan sumber daya, keterampilan dan kemampuan yang menghambat perkembangan perusahaan dari segi kinerja (kompetensi), laba pendapatan, manajemen dan peningkatan produk. 

B. Faktor eksternal analisis SWOT: 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline