Lihat ke Halaman Asli

Athala Parlambang

Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Trisakti

Bekuk Kamboja 2-1, Indra Sjafri Mengantar Timnas ke Semifinal SEA Games sebagai Juara Grup A

Diperbarui: 10 Mei 2023   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Phnom Penh, Kamboja Rabu, 10, Mei, 2023. 

Tim Garuda kembali berhasil merebut 3 Poin setelah berhasil bekuk Kamboja 2-1.   Pertandingan Indonesia melawan Kamboja dimulai dengan Peluang emas yang diperoleh Skuad Garuda pada menit keempat dimana Jeam Kelly menerima umpan dari sisi kiri namun gagal menggunakan kesempatan. Peluang emas yang diperoleh Indonesia pun dibalas oleh Kamboja dengan memperoleh tendangan bebas yang gagal mereka eksekusi. 

Tak lama berselang, Indonesia pun membuka kedudukan dengan gol yang diciptakan oleh Titan. Gol yang dicetak oleh pemain yang sedang membela Bhayangkara FC tersebut merupakan hasil daripada rebound tendangan Jeam Kelly yang ditepis oleh kiper Kamboja. 5 Menit kemudian, Witan Sulaiman pun mendapatkan kesempatan yang terbilang cukup bagus pula. Si kidal yang berbaju Oranye tersebut berlari di sisi kiri lapangan, dan berusaha melakukan tendangan bergaya Arjen Robben yang tidak tepat sasaran karena tidak menggunakan kaki kirinya. 

Dipenghujung Babak Pertama, Kamboja berhasil membobol gawang Indonesia. Pasukan yang ditukangi oleh Keisuke Honda ini berhasil membobol gawang Indonesia setelah mendapatkan kesempatan emas melalui cornerkick.  Kedudukan pun berubah menjadi 1-1 sampai pluit babak pertama pun ditiupkan oleh Wasit asal Tiongkok .

Indonesia kembali unggul tak lama setelah pluit babak kedua ditiupkan melalui tendangan yang dilakukan oleh Beckham dari luar kotak Penalti. Tendangan yang dieksekusi oleh pemain  berbaju Viking tersebut pada awalnya sempat membentur pemain Kamboja yang mempersulit Kiper Kamboja untuk menebak arah bola. Skor pun berubah menjadi 2-1.

Pada menit ke 79 Kamboja berhasil memperoleh Penalti. Namun sepakan yang dieksekusi oleh Lim Pisoth tersebut dapat digagalkan oleh Adi Satryo. Skor pun tidak berubah.

Pada akhirnya Indonesia berhasil meraih 3 Poin setelah membekuk Kamboja dengan 2-1. Kemenangan ini merupakan kemenangan ke 4 beruntut yang dirasakan oleh Timnas Indonesia diajang SEA Games 2023 setelah berhasil melibas Filipina dengan skor 3-0 pada laga pembuka, Myanmar dengan skor 5-0 pada laga kedua, dan Timor  Leste pada laga ketiga. 

Ini mengartikan Coach Indra Sjafri berhasil membawa Timnas Indonesia ke Semifinal sebagai juara Grup A. Di Semifinal,  Indonesia diprediksi akan bersua dengan Thailand atau Vietnam. Kedua tim akan berhadapan pada hari Kamis tanggal 11 Mei 2023.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline