Lihat ke Halaman Asli

Yulianto

Menulis saja

5 Tips agar Mudikmu Lancar, Aman, dan Nyaman!

Diperbarui: 28 Mei 2019   23:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi mudik (oto.detik.com)

Lebaran tinggal sebentar lagi, sudah bersiap mudik?

Tak bisa dipungkiri bahwa mudik sudah menjadi salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia menjelang hari raya lebaran. Memang tak lengkap rasanya jika hari raya Idul Fitri yang tinggal beberapa hari lagi tak dilalui bersama keluarga tercinta.

Meskipun sebenarnya ada resiko yang besar yang bahkan dapat mengancam nyawa dalam sebuah perjalanan mudik, seperti terjadinya kecelakaan. Nyatanya hal itu tak membuat antusias para pemudik menurun. Mereka tetap bersemangat untuk mudik ke kampung halaman demi bertemu dengan keluarga tercinta.

Beberapa tahun lalu, saat masih kuliah dulu, saya juga sempat merasakan nikmat dan serunya mudik ke kampung halaman menjelang lebaran. Memang ada kenikmatan tersendiri ketika melakukan perjalanan mudik. Bertemu dengan sesama pemudik, menikmati indahnya pemandangan saat perjalanan pulang adalah beberapa kenikmatan tersebut.

Tetapi untuk tahun ini, saya tidak mudik sebab sejak awal Ramadan, saya sudah pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga menjalani ibadah puasa. Nah saat lebaran kurang lebih tinggal seminggu lagi seperti sekarang ini, saya yakin kawan-kawan yang berencana mudik sudah mulai mempersiapkan segala sesuatunya sebelum berangkat ke kampung halaman.

Sebelum berangkat mudik, saya ingin berbagi beberapa tips untuk kawan-kawan sebelum mudik agar perjalanan mudik kawan-kawan dapat lancar, aman dan nyaman.

# Tips 1: Mempersiapkan kendaraan mudik dengan baik

Bagi kawan-kawan yang memutuskan mudik dengan tranportasi umum, urusan mempersiapkan kondisi kendaran sebelum mudik tentu tidak perlu dilakukan sebab pekerjaan tersebut sudah dilakukan oleh pihak pengelola jasa transportasi umum yang kawan pilih untuk mudik.

Tetapi bagi kawan-kawan yang akan berangkat mudik dengan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil. Memeriksa laik tidaknya kendaraan untuk dipakai mudik wajib dilakukan. Hal ini tidak bisa diabaikan dan disepelekan sebab menyangkut keamanan dan keselamatan kawan-kawan saat mudik.

Mempersiapkan kendaraan mudik dapat berupa memeriksa kondisi fisik kendaraan apakah laik atau tidak digunakan, Selain itu, mempersiapkan peralatan otomotif seperti ban serep, kunci, obeng juga perlu dilakukan sebagai tindakan jaga-jaga jika terjadi persoalan teknis saat sedang berkendara. Tak hanya itu, mempersiapkan dokumen kelengkapan kendaraan sebelum mudik juga perlu dilakukan agar perjalanan dapat berjalan lancar.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline