Lihat ke Halaman Asli

ari wibowo

Pendidik Sepanjang Hayat yang sekarang berkarir di Yayasan Guru Belajar

Strategi Pembelajaran di Masa Pandemi

Diperbarui: 4 Mei 2021   13:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Komunitas Guru Belajar

Dalam situasi darurat ini, Guru dipusingkan dengan penerapan Pembelajaran Jarak Jauh. Sebuah metode cara belajar baru yang sangat menantang bagi Guru. 

Terbukti dari hasil survey yang kami himpun dalam program #SekolahLawanCorona bahwa Guru tidak bisa memandu proses pembelajaran murid secara langsung, terbatasnya akses terhadap pekerjaan yang mempengaruhi pendapatan, terbatasnya komunikasi dengan rekan kerja dan pemimpin sekolah. 

Bagi murid sendiri mereka tidak bisa mengikuti proses pembelajaran dengan guru secara langsung, tidak bisa melakukan aktivitas atau kegemaran sebagaimana biasa dan terbatasnya komunikasi dengan teman bermain. Sedangkan untuk orangtua sendiri mereka jadi bertambah waktu dan energi untuk mendampingi pembelajaran anak, terbatasnya akses terhadap pekerjaan yang mempengaruhi pendapatan serta terbatasnya komunikasi dengan rekan kerja atau pergaulan sosial lain. 

Situasi ini makin diperparah dengan hasil survey Kemdikbud bahwa hanya 67,11% Guru mampu mengoperasikan perangkat digital. Tulisan ini bertujuan untuk membagikan praktik-praktik baik yang penulis lakukan dan terbukti memberikan dampak positif bagi murid, tentu saja setelah mengalami banyak kegagalan. Apa kuncinya? Komitmen terhadap tujuan, Mandiri terhadap cara dan selalu lakukan refleksi.

Saya Ari Wibowo,S.s Guru Sekolah Cikal Jakarta Selatan sejak tahun 2010 sampai sekarang, namun sejak November 2019 saya mendapatkan amanah untuk berkontribusi di Pendidikan lebih luas lagi melalui Organisasi Profesi Guru yaitu Komunitas Guru Belajar Nusantara yang berdiri sejak tahun 2013 dan sudah tumbuh di 150 daerah di seluruh Indonesia. 

Saya sendiri sebagai Guru Penggerak untuk KGB Jakarta Selatan. Sebagai Guru Penggerak perubahan Pendidikan Indonesia saya selalu ingat Sumpah Guru Belajar yang kami ucapkan dengan lantang di kongres pertama kami Oktober tahun lalu yang berbunyi:

Kami Guru Belajar Nusantara Bersumpah,

Memperjuangkan Kemerdekaan Belajar Untuk Mengembangkan Praktik Baik Pengajaran

Kami Guru Belajar Nusantara Bersumpah,

Memilih Berpihak dan Bersekutu Dengan Murid Untuk Belajar Bersama Mencapai Tujuan Pendidikan

Kami Guru Belajar Nusantara Bersumpah,

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline