Lihat ke Halaman Asli

ArBlogger

Orang kampung yang suka berbagi

Manfaat Daun Saga

Diperbarui: 20 Mei 2019   22:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Manfaat daun saga, daun saga adalah suatu tanaman dari Saga Rambat/Saga Telik (Abrus Precatorius) yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini sangat mudah ditemui di kebun, di pinggir jalan, bahkan di pekarangan rumah. Banyak orang menganggap bahwa tanaman ini penggagu karena sifatnya merambat atau menempel pada batangan. Meski demikian, banyak orang yang tidak tau manfaat daun saga seperti manfaat daun saga untuk lambung,  Manfaat daun saga 
 untuk paru-paru dan masih banyak lagi.

Selain manfaat daun saga untuk lambung, ternyata masih ada manfaat daun saga lainnya yang perlu kita ketahui.

Mengobati sariawan
Sariawan merupakan penyakit yang sering ditemui orang. Rasa perih dalam mulut membuat seseorang susah untuk makan dan bicara. Untuk yang pertama  Manfaat daun saga 
 bisa mengobati dan mengatasu sariawan. Cara mengaplikasikan daun saga cukup mudah, pertama ambil beberapa daun saga kemudian jemur hingga layu. Selanjutnya kunyah daun saga tanpa ditelan.

 Meningkatkan nafsu makan
Jika punya masalah dengan nafsu makan, maka sudah saatnya untuk mengkonsumsi daun saga. Daun saga mengandug vitamin B yang berfungsi membantu meningkatkan nafsu makan. Coba masukkan beberapa helai daun saga kedalam panic yang berisi nasi baru matang dan diamkan sekitar 10 menit. Setelah 10 menit gunakan adun saga sebagai penambah sayuran untuk dimakan. Selain menambah nafsu makan, manfaat daun saga juga berguna untuk menaikkan berat badan.

Menjaga kelembapan kulit
Manfaat daun saga selajutnya ialah menjaga kelembapan kulit. Dalam kandungan daun saga terdapat senyawa glisirizin (gliserin) alami yang bersifat menyerap kadar air. Karena dengan kandungan tersebut daun saga bisa digunakan untuk menjaga kelembapan kulit dengan pengobatan luar atau digunakan masker dan pengobatan dalam dengan merebus daun saga.

Dengan manfaat daun saga yang begitu banyak, ternyata ada beberapa  efek samping daun saga  jika salah mengkonsumsinya. Daun saga terdapat 2 macam yaitu daun saga rambat dan daun saga pohon. Perbedaan 2 macam daun saga in benar - benar jauh dan sangat berbeda.

Daun saga rambat memiliki biji yang mengandung racun dan sangat jelas berbahaya jika sampai mengkonsumsi biji daun saga rambat ini. Berbeda dengan daun saga pohon, biji daun saga pohon malah dapat dokonsumsi dan mengandung protein yang tinggi.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline