Lihat ke Halaman Asli

Anugrah Putra Syifa Al Ghifari

Mahasiswa Universitas Telkom Surabaya

Apa Itu Fitur Teknologi DRS Pada F1?

Diperbarui: 27 September 2023   16:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.crash.net

DRS adalah singkatan dari Drag Reduction System, fitur teknologi ini terletak pada bagian sayap belakang mobil F1. Fitur ini pertama kali diterapkan pada tahun 2011, awal mula diterapkannya fitur DRS ini yakni berawal dari kejadian antara Fernando Alonso dan Vitality Petrov di Grand Prix Abu Dhabi pada tahun 2010. Yang dimana Fernando Alonso kesulitan untuk menyalip Vitaly Petrov dan terjebak dibelakang Vitaly Petrov, hal ini membuat Fernando Alonso gagal untuk meraih gelar juara dan Sebastian Vettel yang menjadi pemenang gelar juara dunia.

Alasan lain diterapkannya fitur DRS pada F1 yaitu dikarenakan dengan desain mobil F1 modern saat ini juga menghasilkan turbulen yang besar, hal ini menyebabkan pembalap terasa sering kesulitan dalam mengikuti serta menyalip mobil-mobil lain. Oleh karena itu dibuat dan diterapkannya fitur teknologi ini pada mobil F1.

Bagaimana mekanisme DRS?

Cara menggunakan DRS yakni pada bagian setir mobil F1 terdapat sebuah tombol, yang dimana salah satu tombol dapat mengaktifkan fitur DRS ketika pembalap menekan tombol tersebut.

www.dailymail.co.uk

Pada saat tombol DRS tersebut ditekan, maka sayap belakang pada bagian tengah terbuka yang dimana actuator yang mengendalikan bagian flap tengah.

www.parcacix.com

Ketika DRS aktif, adanya pengurangan terhadap efek drag yang akan membuat keuntungan pada segi kecepatan garis lurus yang meningkat dalam menyalip serta meningkatkan tambahan performa ketika latihan atau kualifikasi. Untuk menonaktifkan DRS dapat mengangkat throttle, mengerem serta menekan tombol DRS kembali pada steering wheel. Tujuan dari penerapan fitur DRS adalah untuk memudahkan para pembalap untuk menyalip pada saat lomba serta meberikan performa yang bagus dalam melakukan pencatatan waktu ketika latihan serta kualifikasi.

Apakah DRS dapat selalu diaktifkan?

Jawabannya adalah tidak, DRS dapat aktif di zona khusus yang telah ditentukan oleh FIA. Serta ketika balapan, DRS dapat diaktifkan di zona khusus tertentu bila sudah lebih 2 putaran pertama, sesudah safety car, sesudah bendera merah serta posisi mobil dengan mobil lawan dengan jarak satu detik.

www.gpblog.com

Steward juga dapat memberikan keputusan dalam menonaktikan fitur DRS tersebut ketika kondisi sirkuit dalam keadaan basah serta terdapat bendera kuning yang berada di dekat zona DRS.

http://en.espn.co.uk/

Jadi itulah fitur teknologi DRS pada mobil F1 serta cara mekanismenya dan juga peraturan dalam mengaktifkan DRS. Semoga bermanfaat.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline