Lihat ke Halaman Asli

Anton Sudibyo

Jurnalis kampung

Mengintip Perang Cagub Jateng Di Dunia Maya

Diperbarui: 24 Juni 2015   15:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

SEJAK keberhasilan kampanye online Joko Widodo di Pemilihan Gubernur DKI Jakarta, media internet menjadi bagian tak terpisahkan dari kerja tim sukses. Tak terkecuali di Jawa Tengah. Tiga pasangan calon gubernur-wakil gubernur pun memiliki tim media online sendiri.

Pasangan Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko membentuk Relawan Garuda. Mereka berkampanye melalui situs jejaring sosial

Facebook, Twitter, website dan blog. Di Twitter mereka membuat akun @RelawanGaruda dengan turunannya di berbagai kota seperti @garudaklaten, @garudawonogiri, @garudakra, @garudalawu, @garudarembang, @garudajepara dan @garudasmg untuk relawan dari Kota Semarang.

Itu belum termasuk akun @Ganjarpranowo yang hingga semalam telah memiliki 38.109 follower. Khusus yang ini, Ganjar istimewa karena menjadi satu-satunya calon yang mengelola akunnya sendiri. Kalau yang lain kan dijalankan oleh admin.

Di Facebook ada begitu banyak akun dan grup pendukung calon dari PDI Perjuangan ini. Salah satunya grup Dukung Ganjar Jadi Jateng 1 yang sudah beranggotakan 18.050 orang. Kemudian ada website www.masganjar.com yang khusus menampilkan profil dan kegiatan calon kelahiran Tawangmangu, Karanganyar itu.

Tak ketinggalan, Tim Pemenangan pasangan Bibit Waluyo dan Sudijono Sastroatmodjo (Bissa) juga berkampanye lewat Twitter dengan akun @H_BibitWaluyo yang memiliki 109 followers. Kemudian ada akun @JawaTengahBISSA dengan 7536 follower.

Bissa juga bersosialisasi dunia maya juga melalui website www.jatengbissa.com. Di website itu, timnya menyampaikan keberhasilan program kerja yang telah dicapai oleh sang petahan. Di sisi lain juga menyampaikan profil pribadi pasangan yang diusung Partai Demokrat, PAN, dan Partai Golkar itu.

Sedangkan pasangan Hadi Prabowo-Don Murdono (HP-DOn) berkampanye di twitter lewat akun @Mas_HP yang memiliki 507 follower dan @HP_Don_ 927 follower. Akun ini dibantu oleh akun-akun lain seperti @Rencang_Mas_HP, @PemudaHP. Juga akun-akun milik partai pengusungnya, yakni PKS, Gerindra, Hanura, PKB, PPP, dan PKPI.

Di Facebook, pasangan ini memiliki grup HP-Don Pilihanku, Hadi Prabowo Perubahan, dan page HP-Don. Don Murdono juga membuat website sendiri yaitu www.masdonmurdono.com, sedangkan twitternya @pak_don_murdono.

Bagi yang tidak suka politik, mungkin akan muak membaca kicauan dan info-info mereka. Tapi bagi saya, ada keasyikan tersendiri menyaksikan pertempuran di timeline. Sebab tak cuma informasi dan foto-foto kegiatan, terkadang antarakun pendukung itu saling menghujat atau membuka borok masing-masing. Selain pendukung, kicauan bernada menghujat juga dilakukan akun-akun anonim seperti @galau_dew, @tutihand atau @RetnaKencana.

Pertanyaannya, efektifkah kampanye online itu digunakan di Pilgub Jateng? Bukankah karakter Jakarta berbeda dengan Jateng?

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline