Lihat ke Halaman Asli

Anggi NaelisSyaadah

Mahasiswa Pendidikan UPS Tegal

Pendidikan Karakter bagi Siswa di Sekolah

Diperbarui: 2 Desember 2020   03:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan karakter merupakan bentuk kegiatan manusia yang di dalamnya terdapat suatu tindakan yang mendidik di peruntukan bagi generasi selanjutnya . Tujuan dari pendidikan kararter sendiri yaitu untuk membentuk suatu potensi yang ada pada diri setiapa individu dan melatih kemampuan diri menuju ke arah  hidup yang lebih baik. 

Pendidikan karakter sangat penting di tanamkan di setiap sekolah,  karena dapat membentuk karater dan kepribadian anak menjadi orang yang memiliki nilai mpral tinggi,  berakhlak mulia, dapat bertoleransi,  dan memiliki perilaku yang baik.

 Oleh karena itu ada beberapa jenis-jenis pendidikan karakter yang bisa di lakukam di sekolah. 

1. Karakter religius 

Karakter religius sangat penting di ajarkan di setiap sekolah , karena karakter religus merupakan sebuah karakter yang paling mendasar bagi setiap seseorang.  Maka dari itu kita sebagai pengajar harus menanam kan karakter ini kepada para siswa di sekolah. 

2. Sikap dan perilaku yang peduli 

Sebagai pengajar kita harus mengajarkan tentang kepedulian kepada siswa , karena hal tersebut akan membuat para siswa memiliki rasa peduli terhadap sesama dan lingkungan di sekitarnya. 

3. Sikap dan perilaku yang juju 

Ketika seseorang berkata dengan jujur dan bersikap jujur,  maka seseorang tersebut akan di pecaya olrh orang lain termasuk di percaya untuk mengemban tugas. Kejujuran merupakan investasi yang menjadi modal dasar bagi seseorang untuk memiliki hububgan komunikasi yang sehat dan efektif dengan orang lain.

4. Karakter cinta terhadap tanah air

Pentingnya pendidikan karakter di sekolah pada bidang nasionalisme adalah agar peserta didik memiliki karakter yang siap berkorban demi kepentingan negaranya,  apabila suatu saat negaranya tersebut mendapat ancaman dari negara lain atau kelompok tertentu. 

Itulah beberapa contoh pendidikan karakter yang harus kita tanamkan di setiap sekolah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline