Lihat ke Halaman Asli

Andi Samsu Rijal

Peneliti Bahasa dan Budaya

Kantor Pusat Tonasa yang Ikonik dan Ecofriendly

Diperbarui: 15 Desember 2023   15:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kantor Tonasa I, dokumentasi penulis 

Kantor Pusat Tonasa Yang Ikonik dan Ecofriendly 

Kantor Tonasa I Pangkep ini merupakan bangunan tua yang sangat ikonik beberapa tahun silam hingga sekarang. Gedung yang terletak di Majennang atau sering disebut sebagai lokasi Tonasa I kecamatan Balocci Pangkep ini merupakan kantor pusat PT Semen Tonasa (PT. Persero). Lokasinya berada di jalan poros.

Tonasa Park, dokumentasi penulis 

Bangunan yang sederhana ini juga menjadi tanda tanya bahwa kenapa tidak dibangun megah? Kenapa tidak bertingkat? Kenapa bangunannya tidak luas dan dipagari tembok besar? Malahan bangunan tersebut hanya dikelilingi bebukitan karst dan hutan raya. Tentunya dengan kondisi bangunan tersebut memberi kesan pertama bagi para pelintas di jalan tersebut. Jika dibayangkan bahwa perusahaan yang memproduksi bahan bangunan yakni semen , namun bangunan kantornya cukup sederhana.

Kantor pusat akan menjadi simbol sebuah perusahaan. Tampak dari luar, kantor pusat tersebut sangat sederhana dan artistik. Di papan nama tertera nama perusahaan beserta tahun pendirian yakni tahun 1968. Tentu jika dicermati dan ditelurusi amatlah tua secara waktu pembangunan. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline