Lihat ke Halaman Asli

Andi DwiRiyanto

Dosen, Praktisi, Pembicara, Konsultan Digital marketing Strategy

Data Digital Indonesia Tahun 2022

Diperbarui: 21 Februari 2022   09:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Digital-2022-Indonesia-February-2022-v01.jpg

Pada paparan ini, akan ditampilkan data dan tren yang Anda butuhkan untuk membantu Anda memahami bagaimana orang-orang di Indonesia menggunakan perangkat dan layanan yang terhubung pada tahun 2022.

Saat ini, jumlah penduduk Indonesia (pada tahun 2022) adalah sebanyak 277,7 juta jiwa pada Januari 2022. Data menunjukkan bahwa populasi Indonesia meningkat sebesar 2,8 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022. 

Dari jumlah tersebut, ternyata 49,7 persen penduduk Indonesia adalah perempuan, sedangkan 50,3 persen penduduk adalah laki- laki. Dan saat ini usia rata-rata penduduk di Indonesia adalah 30,3 tahun.

Jika dilihat berdasarkan umur, berikut persentase kelompok rentang usia penduduk di Indonesia (pada tahun 2022):

  • 8,3 persen penduduk Indonesia berusia antara 0 dan 4 tahun .
  • 13,9 persen penduduk Indonesia berusia antara 5 dan 12 tahun .
  • 8,2 persen penduduk Indonesia berusia antara 13 dan 17 tahun .
  • 11,6 persen penduduk Indonesia berusia antara 18 dan 24 tahun .
  • 14,9 persen penduduk Indonesia berusia antara 25 dan 34 tahun .
  • 14,7 persen penduduk Indonesia berusia antara 35 dan 44 tahun .
  • 12,7 persen penduduk Indonesia berusia antara 45 dan 54 tahun .
  • 9,0 persen penduduk Indonesia berusia antara 55 dan 64 tahun .
  • 6,8 persen penduduk Indonesia berusia 65 tahun ke atas .

  • Catatan: persentase mungkin tidak berjumlah 100 persen karena pembulatan.

Penggunaan internet di Indonesia pada tahun 2022

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Data-Tren-Pengguna-Internet-dan-Media-sosial-di-Indonesia-Tahun-2022.jpg

Pengguna internet di Indonesia pada Januari 2022 ada sebanyak 204,7 juta jiwa. Tingkat penetrasi pengguna internet di Indonesia mencapai 73,7 persen dari total populasi pada awal tahun 2022. Data menunjukkan bahwa pengguna internet di Indonesia meningkat sebesar 2,1 juta (+1,0 persen) antara tahun 2021 dan 2022. Sebagai gambaran, angka pengguna ini mengungkapkan bahwa 73,05 juta orang di Indonesia tidak menggunakan internet pada awal tahun 2022, artinya 26,3 persen penduduk tetap offline di awal tahun.

Namun, masalah yang berkaitan dengan COVID-19 terus memengaruhi penelitian tentang adopsi internet, sehingga angka pengguna internet yang sebenarnya mungkin lebih tinggi daripada angka yang dipublikasikan ini.

Statistik media sosial di Indonesia pada tahun 2022

Pada Januari 2022, terdapat 191,4 juta pengguna media sosial di Indonesia. Jumlah pengguna media sosial di Indonesia pada awal tahun 2022 setara dengan 68,9 persen dari total populasi. Analisis Kepios mengungkapkan bahwa pengguna media sosial di Indonesia meningkat 21 juta (+12,6 persen) antara tahun 2021 dan 2022.

Data Pengguna Facebook di Indonesia pada tahun 2022

https://andi.link/wp-content/uploads/2022/02/Ringkasan-Pengguna-Facebook-di-Indonesia-tahun-2022.jpg

Data yang dipublikasikan di sumber periklanan Meta menunjukkan bahwa Facebook memiliki 129,9 juta pengguna di Indonesia pada awal 2022. Pada awal tahun 2022, 44,0 persen audiens iklan Facebook di Indonesia adalah perempuan , sedangkan 56,0 persen adalah laki- laki .

Data Pengguna YouTube di Indonesia pada tahun 2022

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline