Lihat ke Halaman Asli

Ananta Pitaloka Arifanti

Universitas Muhammadiyah Malang

Mahasiswa PMM UMM Ajak Lansia Membatik Bersama

Diperbarui: 18 September 2022   22:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Universitas Muhammadiyah Malang memiliki  beberapa macam program, salah satunya  adalah Program Pengabdian Masyarakat.  Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Program PMM yang diselenggarakan oleh UMM memiliki tujuan agar mahasiswa  mendapat pengalaman yang memberikan manfaat kepada masyarakat.

Dokpri

Mahasiswa  PMM UMM  Kelompok 83 Gelombang 8 melaksanakan salah satu program kegiatan yaitu membatik. Program ini dilaksanakan di Panti Jompo Peduli Kasih KNDJH Desa Wonokoyo, Kec. Kedungkandang, Kota Malang.  Kegiatan ini dilaksanakan pada (16/09). Dengan diadakannya program ini diharapkan para lansia tidak merasa bosan.

Kegiatan membatik bagi lansia memiliki beberapa manfaat, antara lain: 

1.        Mengembangkan dimensi social. 

Para lansia yang biasanya cenderung menyendiri, dengan membatik bersama mereka bersosialisasi dengan sesame lansia. 

2.        Menambah rasa bahagia.

Dengan mengembangkan hobi dan keterampilan melalui membatik akan meningkatkan rasa bahagia, dengan demikian dapat mengurasi penyakit psikis yang dialami lansia. Dengan berkurangnya penyakit psikis dapat pula meningkatkan kondisi fisik para lansia.

3.        Menghilangkan rasa bosan dan kejenuhan.

Ketika sibuk membatik, para lansia cenderung mengingat masa di mana mereka masih berusia belasan, ketika mengasuh anak ataupun ketika masih muda. Tanpa terasa mereka saling bertukar cerita sambil tertawa dan bahagia. Hal ini sangat membatu mengasah kembali fungsi kognitif, juga mengurangi kejenuhan dengan kegiatan rutinitas mereka.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline