Lihat ke Halaman Asli

Ketahui Masalah-masalah yang Dapat Timbul dalam Penilaian Kinerja Karyawan

Diperbarui: 24 Juni 2021   23:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Saat kita ingin me-review performance karyawan, para assessor tidak boleh terikat pada bias dan juga review  yang diberikan harus jujur dan membangun juga tidak mengandung bias agar para karyawandapat  menerima review kinerja tersebut dengan baik. Performance Review dibutuhkan dalam rangka pembangunan diri karyawan dan perusahaan agar lebih baik lagi. Kesalahan-kesalahan atau error yang muncul pada performance review juga tidak dipungkiri untuk tidak terjadi, macam-macam kesalahan tersebut menurut (Rudman,2003) akan dijelaskan sebagai berikut :

Halo Effect

Halo Effect adalah kecenderungan dalam ratings & assesment untuk dipengaruhi oleh satu atau dua atribut positif dari individu yang menghasilkan penilaian yang menguntungkan secara keseluruhan. Penilaian ini belum tentu didukung oleh pertimbangan yang baik dan juga faktor yang relevan.

Sebaliknya, jika penilaian tidak menguntungkan secara keseluruhan dan penilaian yang dihasilkan dari pengaruh satu atau dua faktor negatif disebut horns effect.

Central Tendency

Banyak orang memiliki bias psikologis terhadap penilaiannya terhadap seseorang. Akibatnya, peringkat karyawan yang dinilai dikelompokkan di middle of the range dan ada sedikit perbedaan antara kinerja yang outstanding dan yang tidak dapat diterima.

Harshness/leniency

Peringkat yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dalam hal kinerja aktual karyawan akan menghasilkan distribusi penilaian yang tidak akurat atau miring. Terlepas dari kesan menyesatkan yang diberikan, hal ini dapat menimbulkan masalah ketika peringkat kelompok yang berbeda dibandingkan.

Similarity/dissimilarity

Seseorang cenderung lebih baik jika orang-orang mempunyai kesamaan dalam latar belakang yang sama seperti diri kita sendiri, Ini berarti sikap atau pengalaman manajer dan karyawan (sangat tidak berhubungan dengan kinerja pekerjaan) dapat menghasilkan penilaian yang lebih positif daripada yang seharusnya. Demikian pula antara perbedaan antara manajer dan karyawan dapat menghasilkan penilain yang negatif yang seharusnya tidak boleh berlaku seperti demikian.

First Impression/recency

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline