Lihat ke Halaman Asli

amirmahmuda

Writing on the wall

Jepang Mendominasi, Indonesia Lebih Baik dari Tahun Lalu di AE 2019

Diperbarui: 9 Maret 2019   09:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

FaJri | The Daddies | Twitter: Amelia Widy

Badminton World Federation (BWF) Tournament Yonex All England 2019 (AE) telah menyelesaikan pertandingan QF pada 08 Maret 2019. Dari 7 wakil Indonesia yang bertanding, 3 wakil Indonesia melaju ke semifinal. Jika melihat hasil semifinal tahun lalu, Indonesia lebih baik dari tahun lalu. 

Pada perhelatan AE2018, hanya 1 nama saja yang lolos sampai di babak ini, yaitu Kevin Sanjaya/Marcus Gideon. Hasil yang diperoleh wakil Indonesia di AE 2019 ini memperbesar peluang untuk merebut 2 gelar juara, yakni sektor MD dan XD.

Sektor MD

2 wakil Indonesia di sektor ini lolos ke babak semifinal dan berpeluang menciptakan All Indonesian Final untuk memperebutkan juara di turnamen prestisius ini.

Mohammad Ahsan/Hendra setiawan, yang dijuluki sebagai The Daddies, melaju kencang ke partai SF setelah mengalahkan pasangan German, Mark Lanfuss/Marvin Seidel, dengan 2 game langsung, 21-12, 21-13. Pada partai semifinal nanti, Daddies akan berhadapan dengan unggulan 3 asal jepang, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda. 

Head to head kedua pasangan ini adalah 2-1 untuk keunggulan The Daddies. Semoga pada pertandingan besok, Daddies dapat menang dan melaju ke final AE2019.

MD lainnya, Fajar Alfian/M Rian, FajRi, membungkam mantan ranking 1 dunia tahun 2016 asal Malaysia, Goh V Sem/Tan Wee Kiong, dengan 2 game langsung. Pada game pertama, FajRi berhasil menikung perolehan angka pada poin krusial, yakni 19-20. Dengan gaya khas FajRi yang bermain cepat, mereka mendapat 3 poin beruntun sehingga menutup kemenangan dengan skor 22-20. Pada game kedua, FajRi tampil mendominasi hingga memenangkan game dengan skor 21-12. 

Dibabak SF, FajRi akan berhadapan dengan MD Malaysia lainnya, Aaron Chia/Soh Wooi Yik. Head to head adalah 0-1 dengan keunggulan Aaron/Soh pada  Malaysia Master 2019. Semoga di Partai SF, FajRi bisa revans dan membuka pintu All Indonesian Final MD.

Sektor WD

2 Wakil Indonesia harus takluk dari lawan-lawannya di QF. Ini bukan hasil yang buruk, pada turnamen AE 2018, tidak ada satupun WD yang berhasil masuk QF. Semoga kedepannya ada hasil yang lebih baik lagi.

Greysia Polii/Apriani Rahayu harus mengakui keunggulan Chen Qingchen/Jia Yifan, Unggulan 5 asal Tiongkok dengan 2 game langsung, 21-19, 21-17.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline