Lihat ke Halaman Asli

Amira Ridawati

Mahasiswa Tingkat Akhir

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Diperbarui: 19 Mei 2021   10:09

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Pada saat hamil, sangat banyak gizi yg dibutuhkan oleh ibu hamil, namun masih banyak yang belum mengetahui makanan apa saja yg sangat diperlukan oleh sang ibu dan janin. Salah satunya adalah sebagai berikut:

1. Asam folat (Vitamin B9)

Asam folat dapat membantu mencegah terjadinya gangguan pertumbuhan bumbung syaraf (neural tube defects) dan kecacatan pada otak dan sumsum tulang belakang. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan peningkatan resiko persalinan prematur atau bayi dengan berat badan lahir rendah. Berapa banyak yang dibutuhkan: 1 milligram (1,000 mikrograms) perhari sebelum atau selama kehamilan. Sumber : Sereal, Buah-buahan dan sayuran adalah sumber yang baik.

2. Kalsium

Anda dan bayi anda membutuhkan kalsium agar memiliki tulang dan gigi yang kuat. Kalsium juga membantu sirkulasi darah, otot dan sistem syarafberjalan dengan baik. Jika tidak mengkonsumsi kalsium yang cukup maka kalsium yang dibutuhkan bayi anda akan diambil dari tulang anda. Berapa banyak yang dibutuhkan : 1,000 milligrams perhari. Sumber : Susu atau dairy products adalah sumber yang kaya akan kalsium. Jus buah-buahan dan sereal juga banyak mengandung kalsium.

3. Protein

Protein sangatlah penting untuk perkembangan bayi anda terutama pada trimester kedua dan ketiga kehamilan. Protein juga akan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak selama masa kehamilan. Berapa banyak yang dibutuhkan : Sedikitnya 60 grams perhari. Sumber : Daging, ayam/unggas, ikan dan telur adalah sumber yang kaya akan protein. Pilihan lainnya adalah kacang polong, tahu dan selai kacang.

4. Zat Besi

Tubuh menggunakan zat besi dalam pembentukan hemoglobin. Hemoglobin merupakan protein yang terdapat di sel darah merah yang menggangkut oksigen. Selama kehamilan, anda membutuhkan zat besi dua kali lebih banyak dikarenakan perubahan pada tubuh anda dan bayi anda. Jika tidak memperoleh zat besi yang cukup, anda akan mengalami kelelahan dan rentan terhadap infeksi. Resiko kelahiran dini dan bayi dengan berat badan lahir rendah akan lebih tinggi. Berapa banyak yang dibutuhkan : 27 milligrams perhari. Sumber : Daging merah, ayam/unggas dan ikan adalah sumber yang kaya akan zat besi. Pilihan lainnya adalah sereal, kacang kedelai dan buah yang dikeringkan. Zat besi yang berasal dari daging hewan akan lebih mudah diserap oleh tubuh. Untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dari sayur dan supplement, konsumsilah bersama makanan atau minuman yang mangandung vitamin C tinggi seperti jus jeruk, jus tomat, melon, strawbery atau tomat.

5. Konsumsilah makanan tambahan (food supplement)

Wanita yang mengkonsumsi makanan bergizi setiap haripun kadang tetap kekurangan beberapa nutrisi yang penting. Mengkonsumsi makanan tambahan secara teratur dapat melengkapi nutrisi yang kurang. Dokter anda dapat merekomendasikan makanan tambahan yang diperlukan apabila anda adalah seorang vegetarian atau mempunyai kondisi kesehatan kronis.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline