Lihat ke Halaman Asli

Teknik Scaffolding yang Efektif

Diperbarui: 1 Oktober 2021   20:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Scaffolding adalah metode pembelajaran dengan memberikan dukungan belajar secara terstruktur. Metode ini adalah metode pengajaran yang mendorong siswa dengan keterampilan/ pengetahuan lebih untuk membantu siswa lain dalam belajar. 

Teori perkembangan kognitif dari Vygotsky menyatakan bahwa siswa akan belajar lebih banyak ketika mereka menerima bimbingan dari seseorang yang memiliki ketemapilan lebih. 

Scaffolding adalah bagian dari teori pendidikan Zone of Proximal Development (ZPD). ZPD menyatakan bahwa setiap siswa, untuk setiap mata pelajaran, memiliki tiga tingkat pembelajaran:

  • hal-hal yang dapat dicapai siswa sendiri,
  • hal-hal yang dapat dicapai dengan bantuan orang lain (ZPD),
  • hal-hal yang tidak dapat dicapai meskipun siswa sudah menerima bantuan maksimal.

ZPD dan teori scaffolding adalah saat dimana siswa belajar secara maksimal Ketika mereka berada di ZPD mereka.

Kita tahu bahwa scaffolding dapat menjadi alat pengajaran yang efektif, tetapi hanya jika pengajar memahami bagaimana menggunakannya. Di bawah ini adalah empat cara yang efektif untuk menggunakan scaffolding di dalam kelas.

1. Ketahui ZPD Setiap Siswa

Untuk menggunakan teknik ZPD dan scaffolding dengan baik, sangatlah penting untuk mengetahui tingkat pengetahuan siswa di dalam kelas. Tanpa informasi ini, guru tidak akan dapat mengajari mereka dalam ZPD atau memberikan dukungan scaffolding yang efektif.

Sebelum guru memulai pelajaran dengan scaffolding, temukan pengetahuan dasar mereka dengan memberikan kuis singkat atau diskusi. Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa untuk mencari tahu apa yang sudah mereka ketahui.

Juga ingat bahwa setiap siswa memiliki ZPD yang berbeda untuk setiap topik yang akan diajarkan. Jika kelas memiliki ZPD yang sangat bervariasi untuk topik tertentu, akan lebih efektif jika mereka bekerja dalam kelompok. 

Cara lain juga guru dapat meminta siswa untuk bekerja secara individu dan guru berjalan di sekitar kelas sert memberikan panduan sehingga guru dapat menyesuaikan teknik dengan ZPD setiap siswa.

2. Kerja Kelompok

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline