Lihat ke Halaman Asli

alfin bontang

خالص الف مسؤلى

Filsafat Pendidikan Perenialisme Beserta Tokoh Pemikiran

Diperbarui: 15 Juni 2020   22:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Pengertian filsafat pendidikan perennialisme

Filsafat pendidikan perennialisme adalah aliran pendidikan yang lahir karena adanya suatu reaksi terhadap suatu pendidikan progresif. Aliran ini menggunakan pemikiran mundur dengan prinsip yang kuat di zaman kuno dan abad pertengahan.

Tokoh -- tokoh pemikiran filsafat pendidikan perennialisme

  • Robert Maynard Hutchins seorang filusuf asal Amerika. Beliau memandang bahwa seni liberal adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan, yang mana mengajarkan semua orang berpikir dengan baik. Tujuan utama diskusi sokrates adalah menjadikan siswanya bertanggung jawab dalam ketidaksepakatan dan mencapai kesimpulan yang masuk akal.
  • Ortimer Adler berpendapat jika manusia adalah manusia yang terkait dengan hakikat yang senantiasa sepertiitu tentu manusia memiliki kepentingan yang terkait dengan program pendidikan. Manusia juga makhluk sosial yang kehidupan intelektualnya hidup di tengah komunitas yang menjadi eksis melalui komunikasi.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline